SAKURA Japanese Learning Center, Bekasi

Home » #pengalaman » Pengalaman 1:”private indonesian teacher”

Pengalaman 1:”private indonesian teacher”

Almanak

January 2008
M T W T F S S
    Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Anda adalah pengunjung ke:

  • 124,396 hits

Pengunjung site ini

Gagat Sukmono

Categories

Setelah diingat-ingat ternyata sudah hampir 3 tahun saya menekuni part time sebagai “private indonesian teacher”,yah walaupun dalam setahun masa aktifnya hanya 2 atau 3 bulan. lumayanlah bisa nambah-nambah uang jajan sekaligus bisa jadi tempat utk mengasah kemampuan verbal.

Awalnya ketemu part time ini karena dikenalin ama seorang senior sesama anak indonesia di kampus,alhamdulillah kebetulan kala itu lagi masa butuh-butuhnya duit,saya terima aja,dengan bermodal “nekat”plus percaya diri ala kadarnya.

Awalnya ga yakin utk menerima tawaran itu,rasanya ga pede banget dengan kemampuan yang saya miliki saat itu,ditambah lagi kala itu saya masih begitu terikat dengan yang namanya fenomena mental block.Tapi pada akhirnya belitan ekonomi membuat saya terpaksa menghalalkan segala cara(yg halal jg pastinya:) utk mendapat sedikit sokongan hidup,ya saya terima deh jadinya:D.

Awal pertama kali saya mengajar,weh saya ga tahu harus seperti apa dan bagaimana,ditambah lagi orang yang saya ajar adalah orang-orang atasan di sebuah perusahaan jepang yang sebentar lagi tugas ke indonesia.

Di tengah kebingungan itu kebetulan saya teringat sebuah karangan yg pernah saya tulis ketika belajar bhs jepang di kampus,isinya tentang kenapa kita menjadi jenuh ketika belajar di kelas,nah di sana saya bahas juga ttg ciri dosen2 yang membosankan,..dari situlah saya mengimajinasikan seorang sosok dosen yang ideal,yg bakal digandrungi ama murid2nya..

I taught based on my imagine,artinya ngajar sambil ngayal..;D

Ternyata cara ini saya rasakan paling efektif dan juga menimbulkan kepercayaan diri.

Setelah dicoba ternyata ga jelek2 amat..hehe..(akumademo jibun hyouka desu)

Setelah berjalan 3 tahun mengajar,saya sedikit punya kesimpulan nih ttg tips mengajar yg bagus(menurut saya lho:D),kira-kira tipsnya begini:

  • Mengajar dengan suara yg keras,
  • Pelan-pelan,apalagi untuk orang yang pertama kali mau belajar sebuah bahasa,
  • Berurut,yang ini juga penting.Terkadang di tengah pembahasan sebuah tema muncul kata-kata atau pembelajaran utk tingkat lanjut yg bakal ditanyakan oleh murid,nah di situ dipending saja dulu,biar si muridpun tidak menjadi makin bingung.
  • Menyampaikan dengan bahasa yg dimengerti,ketika kita mengajarkan bahasa ke orng lain yg sama sekali belum pernah mempelajarinya,kita harus bisa menyampaikan pelajaran dengan bahasa yg si murid mengerti,klo mengajar orang jepang sampaikan dngn bhs jepang,atau bhs inggris.Sampai si murid mulai terbiasa dengan bahasa2 atau kata2 yg kita ucapkan.barulah kita bisa memperbanyak pengajaran dengan bahasa yng kita ajarkan.Jika tidak demikian maka akan lebih banyak memakan waktu(ini penting,terutama utk tipe private singkat seperti yg saya lakukan).
  • Belajar.Yang ini juga ga kalah penting,seorang pengajar juga harus belajar,minimal pengajar harus menguasai apa yg diajarkannya(siapa bilang orng indonesia pasti bisa mengajar bhs indonesia:)?).
  • ATM(Amati,Tiru,dan Modifikasi) serta Inovasi.Cara ATM mungkin masih sangat jitu dipakai untuk seorang pemula.Pengajar bisa mengamati dari buku atau bahan dari internet,kita amat-amati,nah kemudian kita rubah dikit-dikit disesuaikan dengan keadaan.Barulah setelah berjalan beberapa lama dan kitapun sudah terbiasa dengan”mengajar”,kita coba evaluasi,temukan warna kita,ciri khas pribadi dalam menyampaikan,kemudian kita coba untuk menginovasinya ke arah yang lebih baik.
  • Yang terakhir yaitu bersungguh-sungguh.Ini adalah adab yang harus dipegang dalam melakukan pekerjaannya.Supaya hasil kita juga berkah,ya ga?

Semua itu hanya yang saya rasakan setelah saya mengamati murid-murid saya yang begitu tertarik dngn apa yg saya sajikan dan cepat menangkap.

Masih buanyyak lagi pelajaran yang bermanfaat yang bisa saya ambil dari pengalaman saya ini.Di antaranya,pelajaran mengajar murid yang mempunyai kemampuan berbeda,bagaimana caranya mengajarkan murid agar cepat menghafal apa yg kita ajarkan.dsb..

mudah-mudah pengalaman ini bisa disambung lain kali..

salam topp

gagat

4 Comments

  1. nuri... says:

    awalnya tdk bermaksud ingin memberi comment, mau buka pun tdk tahu klo ada blog ini…hee (dulu kayak-ny dah prnh di kasih tahu, lupa kalie yach..& terlebih ada kata2 kasih comment donk…hee, iyach dech ane kasih…

    Tapi bener bangets tu tipsnya, saya dulu semasa kuliah prnh menjajai dunia guru private, dan emank susah-susah gampang gimana bikin mood si adek-nya bagus…hrs bawain jajan sgala..atau bercerita dulu sblm belajar&ndak tahan lama, krn basic saya lebih ke org lapangan ama organisatoris kalie..hee, aku tinggalin lah dunia itu dan jd-lah aktif di organisasi…hee

    Tp…begitulah, tiap fase hrs bisa diambil hikmahnya…dan satu Jgn prnh kenal kata lelah/puas..biar bisa terus berinovasi..^_^

  2. Gagat says:

    makasih banget komennya teh nuri,hehe..selama ini ga ada yg komen nih,duh kasiannya:D.
    mudah-mudahan kita slalu bisa mengambil hikmah yang baik dari apa yg kita lakukan.aamiin
    ganbarimasu:)

  3. sakuralady says:

    wah, jadi ngajar bhs indo ke orang jepun skrg?
    salam kenal ya.. ^^

  4. Gagat says:

    skrng lagi off lagi nih ngajarnya,gi liburan di indonesia^^
    Salam kenal juga:d

Leave a Reply

