SAKURA Japanese Learning Center, Bekasi

Home » #life » Curhat:Masa depan dan segenggam asa

Curhat:Masa depan dan segenggam asa

Almanak

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Anda adalah pengunjung ke:

  • 116,186 hits

Pengunjung site ini

Gagat Sukmono

Categories

Tulisan kemarin

Belajarmenulis

Senangnyaa rasa hati mendengar kalau ternyata mulai hari ini kegiatan kampus libur hingga dua pekan kedepan.

Ntah kenapa hati selalu senang mendengar kata”libur”..mungkin saja pertarungan sengitku di hari-hari sekolah dulu masih begitu terasa menjemukan,maklum saja ketika masa-masa penuh pertumbuhan di saat itu,aku sudah terlalu sering dijejali hal-hal yang penuh ketegangan di hari-hari biasa.He..he..ga penting sih sebenarnya,hanya saja aku baru ingat ternyata pelajaran sejarah,geografi dan juga fisika yg sering ada di jam2 terakhir memang buatku merasakan hari minggu ibarat taman penuh suka cita..:dDan hingga saat inipun,secara alami hari libur akan selalu membwtku tersenyum manis..:D

Libur gini enaknya ngapain yah..?aku tersenyum sambil terus saja berjalan menuju kamarku yg hanya berukuran kurang lebih 3x7m2,..

Mulailah kususun acara untuk bersantai ria.Tidur lagi sehabis sholat subuh, dan bangun saat kamar sudah terasa begitu terang oleh sinar mentari yang sudah sampai puncak teriknya,sarapan siang sambil menikmati tontonan tivi,bersantai ria di depan komputer sambil surfing-surfing yang ga jelas,ditambah sedikit susunan acara buat fisik,bisa maen bola,angkat barbel di kamar,push ap dan macem-macem tergantung mood.

Tidak berselang lama akhirnya aku tiba di kamar.Jarak ke kampusku memang dekat hanya butuh jalan kaki 5 menitJ.

Yap..kembali aku dihidangkan dengan pemandangan yang miris dan menyayat hati(hehe..terlalu berlebihan).Aku bingung menemukan kata yang pas untuk menggambarkan betapa berantakannya kamarku,bayangkan saja space yg tersedia hanya lorong sempit di antara tumpukan barang untuk menuju ke kamar mandi dan dapur,lalu space untuk sholat satu orang dan tempat untuk menggelar kasur yang disudut2nya berserak tumpukan pakaian bersih dan kotor yang mungkin sudah bercampur.Kamarku kali ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya,lemari hanya satu-satunya ruang untuk menyimpan sesuatu di kamar ini,itupun tidak terlalu besar,padahal barang dari tahun ke tahun semakin menggunung.Alhasil kardus berisi barang-barang yang tak terpakai aku biarkan teronggok tak beraturan,sampah yang sudah menumpukpun tak sempat-sempat juga aku buang,karena seringnya aku lupa untuk membuangnya dipagi hari jadwal pembuangan sampah.

Terima sajalah apa adanya..

Keadaan kamar seperti ini memang sangat mendukung rencana-rencana bersantai ria yang sempat kususun di perjalanan pulangku tadi..

Sesaat lamanya mataku terpaku melihat deretan buku-buku kitab agama yang berjajar teratur di rak buku ku,

dalam diamnya buku-buku itu ternyata mampu bercerita,..

Terngiang kembali sebuah hadits sabda Nabiku yang mulia:

Terdapat dua nikmat yang banyak manusia tertipu pada keduanya,yaitu:kesehatan dan waktu luang(Al hadits)

Seketika itu aku memikirkan kembali rencana bersantai ria yg sudah kususun sebelumnya..

Segeralah kuenyahkan keinginanku tadi,walaupun sebenarnya aku masih bingung dengan apa yang akan kukerjakan pagi ini tapi aku tetap berusaha untuk mengingkari rencana bersantai ria yang hampir saja menipuku.Tapi syukurlah aku segera tahu apa yang harus aku perbuat,hanya tinggal menempatkan diri seperti kegiatan hari-hari biasa saja,yang aku rasa sudah cukup mendingan,walaupun ga bisa dibilang terlalu rajin.

Kebiasaan tidur setelah sholat subuh,alhamdulillah sudah bisa aku hilangkan sejak beberapa bulan belakangan ini kecuali badan dan mata ini memang benar-benar sudah menuntut haknya untuk diistirahatkan.Kelelahan pagi yang muncul karena sebenarnya aku juga masih sering betah untuk bergadang hingga larut malam bahkan kadang hingga menunggu waktu subuh,dan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan lainnya seperti sekarang.

Lantas kapan istirahatnya?he he..Abis sholat isya.Biasanya sehabis sholat isya-karena mungkin terlalu lelah seharian-kantukpun tak dapat kukendalikan..

kudapati diriku tak lagi merasakan detik waktu

saat kusadar alam mimpi telah jauh membawaku

Setelah tersadar kembali,tidak jarang jarum jam sudah menunjuk area 2 dini hari.Saat kudapati mata masih terasa berat segera kujamah remote,kumatikan tivi yg kadang sudah habis jam siarannya,kutarik saklar lampu hingga nyalanya remang-remang,lalu aku kembali membuaikan diri ke alam mimpi.

Sering juga kudapati mata ini terasa segar saat terbangun tengah malam,namun tetap saja enggan beranjak dari kasur yang sudah hangat,..tidak banyak yang kuperbuat tengah malam kecuali aku kembali berkelana di dunia tanpa batas(internet).Kusentuh lagi laptop yang mungkin sudah seharian belum kumatikan.Situs demi situs,blog demi blog selalu banyak yang kujelajahi,tontonan juga sering aku nikmati.Aku begitu menikmatinya..mungkin ini sudah menjadi hobi baruku.

===================================================================

Suatu ketika istriku menegurku”mas,kok bacanya blog terus sih”..diwaktu yang lain “mas lagi nontonin film apa?”..hmm..emosiku sesaat meninggi karena aku mendengar nada sindiran dan kecewa di kalimatnya itu padahal aku merasa tidak sedang membaca sesuatu yang sama sekali tidak bermanfaat,

Setelah melihatnya aku kembali bisa menguasai diri”oh..sebenarnya dia tidak melihat dan tidak tahu apa yang sedang kubaca dan kulihat”..tentunya akupun tidak mau gegabah karena mungkin saja yang kulakukan itu ternyata salah..

Istriku.kamu jangan marah dulu donk

kalau kamu tahu pagi itu aku membuatkanmu segelas susu itu karena terinspirasi tulisan Helvy Tiana Rosa yang menuturkan pentingnya menjaga nyala cinta dalam keluarga.^o^

Aku khawatir istriku menyangkaku yang tidak-tidak dengan kegiatanku di depan laptop, maka suatu ketika aku menjelaskan dan bertukar pendapat dengannya

Sayang,…masmu ini setelah tamat kuliah ingin buka usaha sendiri,kalau memungkinkan mas juga akan mendirikan perusahaan kecil-kecilan”Terdengar suara anggukan tanda mengerti di seberang sana.

Akupun kembali melanjutkan penjelasanku”mas pengen nantinya mas punya kerjaan yang ga terlalu mengikat-seperti kerjanya pegawai kantoran-,jadi mas bisa punya banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga dan tentunya mas juga bisa punya banyak waktu buat ngaji bareng adek dan juga anak-anak kita.”..

”iya mas”jawabnya singkat.

Usaha kedai kecil saja sebenarnya insyaAllah cukup buat keluarga kita,tapi di sisi lain mas juga punya amanah,demikian juga dengan adek..kita udah disekolahkan ke sini tentunya dengan harapan kita bisa menjadi manusia yang lebih berguna terutama untuk daerah kita,ya khan?amanah yang memang ga tertulis tapi tentunya kita akan dimintai pertanggung jawaban nantinya di hadapan Allah.jadi yang mas maksudkan,disamping mas pengen buka usaha sendiri mas juga pengen bisa bermanfaat untuk masyarakat walaupun kecil.”Sesekali istriku mengucapkan kata pendek menandai kalau dia masih mendengarkanku..lalu terus saja aku lanjutkan penjelasanku

Untuk itu tentunya mas akan memikirkan bentuk usaha dengan skala yang agak sedikit besar yg sudah pasti membutuhkan pengetahuan mengenai ilmu ekonomi,bisnis,manajemen dan juga yang lain,namun kenyataannya sekarang mas belum banyak tahu tentang itu,ditambah lagi mas ga ngambil jurusan itu.Jalan keluar satu-satunya yang terpikir sama mas saat ini ya belajar sendiri,belajar lewat internet,cari ebook gratisan,beli buku yang murah,walaupun ga banyak tapi alhamdulillah mas ngerti sedikit demi sedikit.Adek jangan salah paham dulu,mas ngelakuin ini bukan karena mas sudah terpikat oleh dunia dan melupakan ilmu-ilmu agama,enggak kok..mungkin memang benar kalo jam membaca almanhaj banyak berkurang,membaca kitab agama juga berkurang,tapi sebenarnya yang mas pikirkan ya yang seperti mas bilang tadi.Sekarang kegiatan mas selain membagi waktu buat adek dan raisha,mas juga berusaha membagi waktu untuk mencari bekal ilmu untuk usaha nantinya,semoga adek ga salah pengertian..gimana menurut adek?“..kali ini aku menjelaskannya panjang lebar,sesekali dia menyahut memberi tanda kalau dia mendengar di sela-sela penjelasanku.

Alhamdulillah penjelasan panjangku tadi mudah dia terima,dan akhirnya sesungging senyum kembali menghiasi wajahnya..

================================================================

Balik ke cerita keseharianku…

Menjelajahi dunia tanpa batas ini memang ga ada matinya,ada saja hal menarik yang kudapati di sana,kalaulah tidak karena perut keroncongan,atau tiba tiba teringat tagihan HP yang sudah harus dibayar,atau karena harus ngerjain tugas kampus sudah bisa ditebak aku pasti enggan untuk ninggalin laptopku.Tapi syukur alhamdulillah aku masih inget untuk sedikit olah raga,walopun ga rutin tapi lumayan sering,minimal lari beberapa keliling lapangan bola.

Kadang aku sering mikir sendiri,apakah duniaku sesempit ini?pergaulan yang ga luas,jarang melongok kisah di dunia nyata…

namun aku segera menggumam,yahh..semuanya ga bisa dipaksakan,daripada aku bergaul dengan orang2 jepang yang kemudian mengajakku cekakak cekikan menemani mereka berfoya-foya sambil mabuk-mabukan,atau harus menghamburkan uang untuk berbelanja barang yg ga perlu,mendingan aku memaksimalkan kegiatan positif yg bisa aku perbuat sekarang,iya khan..?

…Tapi bagaimanapun juga manusia mempunyai cara tersendiri untuk menjalani kehidupannya,selama itu ga menyalahi aturan agama tentunya sah-sah saja khan..

Biar ga menyalahi aturan agama,pastinya kita harus tahu aturan yang sesungguhnya dan itu ga akan didapatkan kalo kita ga belajar..

……………..

Hidup Adalah Perjuangan. Tiada kesuksesan yang diraih tanpa perjuangan. Tiada keberhasilan sejati tanpa keringat dan air mata.

Kejeniusan tidaklah cukup tanpa disertai kerja keras.

Berani Mencoba Jangan mengukur dan mengeluhkan tingginya sebuah gunung sebelum Anda mencoba mendakinya, Karena begitu Anda telah mencapai puncaknya,

Anda akan mengatakan betapa rendahnya gunung tersebut–(hatibening.com)–

No action nothing happen,take action miracle happen(Tung Desem Waringin)

Mari kita saling bahu membahu membangun negeri–>duuh bahasanya iklan banget seeyy..kaku euy

Sekian curhatnya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: