SAKURA Japanese Learning Center, Bekasi dan Karawang

Home » 2008 » April (Page 2)

Monthly Archives: April 2008

Advertisements

Susahnya memecah batu karang kebuntuan “kata pertama”

dar der dor..

Permulaan tulisan yang memang ga penting,itu hanya susunan kata yg kubuat untuk memecah batu karang kata pertama yang hingga saat ini ternyata masih sangat sulit bagiku.

Bagi seorang penulis amatiran sepertiku atau mungkin masih seorang calon penulis amatir,batu karang kata pertama itu memang masih terlalu keras untuk dihancurkan,namun itu tetap harus aku hancurkan mengingat aku masih ingin menempuh perjalanan di sebalik batu karang itu…

Helvy tiana rosa,mengibaratkan menulis itu ibarat belajar kungfu,kita tidak akan bisa mahir kungfu kalau hanya melihat saja,melihat penampilan jet li bermain kungfu hingga mata lelah pun kita tetap tidak akan mampu menguasai kungfu tanpa benar-benar berlatih untuk mencobanya.

Penulis lain mengibaratkan menulis itu seperti halnya belajar renang,semahir apapun menguasai teori berenang namun tanpa mencobanya tentu tetap tidak akan pandai berenang..

Jadi intinya..?

Para penulis itu hanya ingin menegaskan kepada kita bahwa untuk bisa menulis secara profesional memang harus banyak berlatih menulis..

♥♥

Advertisements

試行錯誤–>Trial and error

Ketika menghadapi hal baru ataupun ketika dihadapi sebuah permasalahan namun ternyata belum ada jalan keluar yang pasti untuk menyelesaikannya,cobalah lakukan sesuatu!!jangan takut untuk gagal,bila perlu lakukanlah kegagalan berulang-ulang!karena sebenarnya kesuksesan itu terselip di antara tumpukan kegagalan yang sudah anda jadikan pelajaran.

Cara seperti ini atau yang lebih terkenal dengan “metode trial and error” benar-benar sudah dilakukan oleh orang-orang yang suksess…toriaezu yaru!!(yang penting action dulu)..

Saya merasa sangat beruntung bisa tahu dan paham metode ini di kala saya masih muda,karena berarti saya masih punya banyak waktu untuk mencoba dan gagal,kemudian mencoba lagi,gagal lagi..sampai akhirnya saya bisa menemukan kesuksesan yang sesungguhnya.

Bagi saya,menunda untuk mencoba sama halnya menunda untuk sukses.

10 Tips Untuk Membuat Pendengar Tidur

DI masa sering-seringnya presentasi bagi mahasiswa,ga salah kalo kamu juga tau ttg tips ini..
Tipsnya Barbara White,Beyond Better

Dan di copy paste oleh Gagat..

Pernahkah Anda tertidur saat mendengarkan sebuah pidato atau presentasi? Kadang-kadang, tertidur beberapa menit dalam suatu sesi pembicaraan dapat mendongkrak energi Anda untuk sisa hari itu. Para pembicara, jika Anda ingin menjadi orang yang bermurah hati dengan memberi kesempatan ini kepada audience, perhatikan tips-tips ini dengan seksama.

1. Yakinkan bahwa materi Anda kering dan membosankan. Jadikan materi Anda sangat-sangat-sangat teknis, kompleks atau ruwet. Jika memungkinkan, isilah sesi Anda dengan pembicaraan akademik yang sangat terspesialisasi, yang membuatnya tidak mudah dimengerti tanpa pemahaman, pendidikan dan riset terlebih dahulu.

2. Jangan masukkan penjelasan atau ilustrasi apapun yang membuat materi Anda mudah dipahami oleh rata-rata orang yang menjadi audience.

3. Jadwalkan sesi bicara Anda di akhir suatu hari yang berat atau panjang, atau mulailah setelah makan siang. Ini akan menambah daya kantuk dan daya lesu materi Anda.

4. Bicaralah dengan sangat pelan dan hindari segala bentuk ekspresi atau variasi vokal yang dapat membelokkan perhatian atau mengganggu “perjalanan” audience. Ingat bahwa tujuan Anda adalah mengantar mereka ke alam mimpi dengan mulus.

5. Berdirilah dengan kaku di belakang podium sepanjang pembicaraan Anda. Jika tidak ada podium, duduklah dibelakang meja selama sesi Anda. Setiap gerakan yang Anda lakukan, atau jika Anda melakukan gerakan yang mendadak, dapat membangunkan mereka.

6. Hindari variasi dalam gaya presentasi. Jangan berpindah dari bicara kemudian menggunakan flip chart, Powerpoint atau bantuan visual apapun yang dapat menarik perhatian.

7.Jangan pernah memasukkan unsur humor atau cerita dalam pembicaraan Anda, yang mungkin akan mengilustrasikan berbagai poin penting.

8. Jangan berkutat hanya pada satu topik. Habiskan sebagian besar waktu dengan berputar-putar tentang berbagai subyek atau pengalaman pribadi yang sangat membosankan, dan tentu saja secara total harus OOT.

9. Bicaralah tentang suatu topik yang sudah sangat dikenal oleh audience. Jagalah agar isi bicara Anda tetap berfokus pada berbagai hal yang mereka memang sudah tahu sebelumnya.

10. Berikan kepada mereka handout yang super detil, sehingga audience tidak akan tertinggal oleh satu informasipun sepanjang tidur mereka. Yakinkan bahwa Anda tidak mengatakan sesuatu yang tidak tercantum dalam handout tersebut. Untuk hasil terbaik, baca saja handout itu kata per kata.

Saya berharap, dengan mengikuti tips di atas Anda akan mendapatkan kepuasan melihat seluruh audience Anda tertidur dan mengorok dengan tenang dan berbahagia sepanjang sesi Anda. Jika Anda tidak mengikuti tips di atas, Anda mungkin akan merasakan bahwa audience Anda ternyata lebih waspada dan tertarik dengan apa-apa yang Anda katakan.

Sekian,smoga bermanfaat.

私は知っている。

人の心を動かせるものは憎しみや怒りではなく、心から人を動かせるのは「愛」だ!!

愛には無限の可能性がある

愛にも無限の力がある

愛しているからこそ私は強くなる

Langkah nyata membangun negeri

“saya tidak punya modal ataupun keahlian,mana bisa berwirausaha”

Kalimat itu atau yg serupa sudah sangat sering saya dengar,bahkan sudah mewabah dan menjalar hampir ke seluruh tubuh masyarakat,dan hanya segelintir bagian yang mampu menyelamatkan diri dari ungkapan yang bahkan mungkin sudah menjadi sebuah mitos.

Tak terelakkan lagi,penyakit itu juga banyak melanda orang-orang di kampung saya,tidak hanya yang muda,bahkan yg sudah berkeluargapun banyak sekali yang menganggur dan terus menanti keajaiban,kali saja malam nanti ada wangsit yg menunjukinya jalan ke sebuah gudang harta karun.

Merubah mind set keliru yang sudah terlanjur mengakar ternyata tidak semudah membalik telapak tangan.Butuh banyak langkah nyata untuk meyakinkan mereka.

Kali waktu ketika pulang ke tanah air,saya sempatkan untuk melihat keadaan kampung.Mencoba mencari benang merah dari tumpukan kelesuan yg ada.Kenyataannya memang tidak sesederhana yang saya kira sebelumnya,namun juga tidak sesulit yg mereka kira sesudahnya.Keterbatasan keilmuan pada dasarnya tetap ada pada diri saya.Namun,ada benang merah yang dapat saya temukan di sana,walaupun saat ini memang masih terwujud tak lebih dari sebuah kesimpulan saja.

Bukan kemalasan yang menghalangi mereka,bukan keinginan mereka tak punya,kemajuan zaman yang terlalu cepat ternyata sudah jauh menyaingi laju roda dalam diri mereka.Sehingga utk bisa menyelaraskan jalan antara keduanya mereka butuh yg namanya”penggerak”.Penggerak yang mau berbagi bahan bakar,yang mampu mengarahkan mereka,yang mampu menyosialisasikan dunia lain di luar tempurung,sehingga mereka bisa tau kalo ternyata di belahan dunia sana ada kota roma yang tidak hanya satu jalan utk bisa mencapainya.

Di kampung yang mayoritas di huni penduduk tamatan SMA ke bawah memang rasanya terlalu berlebihan kalau kita harus membahas keterbelengguan diri atau yang sering disebut mental block dlm menganalisa ttg faktor penghambat kemajuan.Di dunia yang serba canggih seperti skrng ini,mungkin lebih bijak kalo kita menganggap kekurangpercayaan diri mereka utk memajukan kehidupannya adalah suatu bentuk dampak negatif yg wajar dari kemajuan teknologi.

Yang perlu saat ini adalah bukan berdebat mengenai benang merah yang sudah begitu jelas,namun kita butuh langkah nyata utk mencari jalan keluar utk mengatasi kelesuan tsb.

Beberapa langkah nyata yg terjadi di kampung saya semakin memperkuat kesimpulan yang akan saya perjelas nantinya.

Pulang ke tanah air beberapa waktu lalu,saya sempat membutuhkan bbrp orang tukang utk membenahi toko saya.Bapak saya memperkenalkan tetangganya di sana yang mempunyai bbrp orang tukang.Saya cukup terkejut,tetangga yg dimaksud itu ya tetangga saya yg dulu hidup biasa-biasa saja,tidak disangka skrng mampu menampung banyak tenaga kerja dari kampung kelahirannya di daerah jawa.

“Ini dia sosok yg pantas dibanggakan”pikir saya saat itu.

Semakin membanggakan saya,ketika saya tau tetangga lain yg juga begitu dekat dngn saya juga melakukan hal yg serupa,membawa saudara-saudaranya yg menganggur dan juga anak-anak muda yang lain utk bekerja bersamanya…

Inilah sebenar-benar cara penyelesaian yang nyata!!

Saya menjadi semakin yakin,memang seorang penggeraklah yang dibutuhkan oleh masyarakat.Karena nyatanya mereka sadar kalau menunggu uluran dari pemerintah hanya akan menyesaki dada mereka dengan harapan-harapan semu,jangankan menunggu langkah nyata,sekedar lirikan pun rasanya mereka sudah jengah utk berharap.

Namun di lain sisi,kekecewaan juga sering menggelayut dalam dada saya.Di saat orang-orang yang diberi kemudahan utk melanjutkan pendidikan tinggi,diberi kemudahan utk menjangkau informasi hampir ke seluruh penjuru dunia,mampu mendapatkan harta dengan usaha tangannya diharapkan utk bisa menjadi penggerak yang berkualitas namun justru dirinya terbelenggu dalam keidealisan yg lemah seperti lemahnya sarang laba-laba,kemudian mengambinghitamkan “ingin hidup sederhana”di saat dirinya sudah di posisi aman.Padahal sebenarnya hanya kepuasan individu sajalah yg semakin melemahkan idealisme mereka utk membangun bangsa.

Pola berpikir inilah yang kemudian memicu saya untuk sedikit beranjak dari keterlenaan,membagi waktu utk belajar dari hal yang kecil dalam dunia wirausaha,dengan harapan dan optimis yang besar agar suatu saat saya bisa menerapkan sebenar-benar penyelesaian yg nyata guna mengatasi kelesuan kampungku.

Gagat sukmono,Owner1 toko shafiyya

founder TEM(Tunas Entrepreneur Muda)

Saya calon pahlawan?

…Kebetulan tadi blogwalking dan sempet mampir ke blognya bang alex,dari sana iseng-iseng ngeliat link di blogrollnya..wah nemu blog yg isinya bagus nih.

Salah satu tulisan yg berkesan di blog itu judulnya perjalanan seorang pahwalan,isinya menuturkan kalo ternyata manusia dalam kehidupannya sejak lahir tanpa sadar selalu melewati 6 tahap perjalanan yg terjadi berulang-ulang,yaitu innocence, the call, initiation, allies, breakthrough, dan celebration.Untuk lengkapnya silakan baca di blog ini ya.

Kalo didasarkan dari artikel tsb,saya merasa sedang dalam tahap breakthrough nih..tinggal satu step lagi saya akan jadi pahlawan..waaw..hehe..smoga jangan mundur deh..

gagat sukmono,owner toko shafiyya

founder TEM

kiat semakin lancar berbahasa jepang!!

日本語はいかがですか?

Sudah lama tinggal di jepang tapi ngomong bhs jepang masih belepotan,sudah menghabiskan ratusan anime,dorama,dan movie jepang..namun ga ada kemajuan dlm berbicara bhs jepang?

“aku ngerti yg dia omongin tapi kenapa aku ga bisa ngomong seperti dia yahh..??”

Sampai-sampai anda merasa sangat ga pede ketika ngomong dngn orang jepang di saat teman dekat anda yg lebih mampu berbahasa jepang ada di samping anda..

…duuh sinipun sampai merasa tengsin(malu),ketika punya temen yg sudah lama tinggal di jepang tapi ngomong masih berantakan,bhs yg sopan ato enggak main hantam aja^^..kadang sinipun merasa tersinggung saat berbicara dngn teman memakai bhs jepang namun ternyata dia tidak bisa memilih bhs yg lebih sopan,..(karena emng ga keluar di kepala,ato emng karena ga tw klo itu bhs yg kasar..),..

Mampu berbicara bhs jepang dngn lancar bukan bawaan DNA,bukan juga karena didasarin pada bakat buat pinter bhs asing dan sebagainya…anda yg masih kewalahan dalam berbicara bhs jpng,sadar atau tidak ternyata memang anda tidak efektif dlm mempelajarinya,anda kurang berlatih!!..atau memang karena anda adalah seorang “pemalas”..yg pada akhirnya menyalahkan faktor bakat,bawaan lahir,dan berbagai alasan yg lain.

Kalo anda masih malu,dan terus-terusan ga percaya diri,itu akan menekan peningkatan kemampuan berbicara anda kearah yg terbalik..semakin lama tinggal di jepang,tapi kemampuan berbicaranya tidak ada perubahan..sayang sekali khan?

Saya tersadar utk giat menjalani kiat-kiat ini kurang lebih setengah tahun sebelum sekolah bahasa jepang berakhir..

Saat itu saya berada di lingkungan temen2 yg pemalu(malu ga pada tempatnya..),mereka beranggapan bahwa saling berbicara bhs jepang sesama teman adalah suatu bentuk kesombongan..wah padahal kan ga seperti itu..

Akhirnya saya mencoba utk menempuh jalan lain utk bisa lancar berbahasa jepang,

Baiklah,saya akan sedikit berbagi mengenai gimana caranya anda bisa menjadi lebih PeDe ketika berbicara bhs jepang di tengah temen2 anda..

selanjutnya saya akan buat perpoin yah..

  • Yang pertama,tentunya anda harus mempelajari bahasa jepang itu sendiri,baik itu pola kalimatnya,istilah-istilahnya,penulisannya..dan lain-lain.Apa yg anda dapatkan di sekolah-sekolah bahasa jepang itu juga sudah cukup kok..tinggal individu masing2,mau belajar apa tidak..?
  • Manfaatkan televisi dan radio yg menyiarkan acara dlm bhs jepang.Anda bisa pilih dari program acara yg mudah dicerna.Kemudian anda dengarkan baik-baik..nah tentunya anda akan menemukan kata-kata yg menarik yg anda mengerti dlm acara tersebut,(atau anda juga bisa merekamnya),terus apakah yg bisa anda lakukan,hafalah kalimat-kalimat yg menarik bagi anda,klo memungkinkan anda jg bisa menulisnya dlm selembar kertas.Kalimatnya tidak harus banyak,bahkan satu kalimatpun tidak mengapa…,kemudian pakailah kalimat-kalimat itu sesering mungkin,pada awalnya anda jg bisa mencampurnya dngn bhs indonesia,yg penting anda harus berusaha memunculkan kalimat2 yg anda hafal tersebut.Anda harus melakukan hal ini karena ternyata dlm penguasaan bhs asing mengahafal saja tidak cukup,namun anda juga harus membiasakan dlm bentuk verbal,yg terucap sehingga kalimat-kalimat itu menjadi biasa kita ucapkan dan tentunya akan dengan sendirinya muncul ketika kita membutuhkan kalimat tsb ataupun yg semakna dngnnya..
  • Mungkin anda masih bingung mencari tempat mengaplikasikan kiat yg pertama tadi.Saya juga seperti itu awalnya..Utk mengatasi ini,anda bisa mengambil cermin yg besar maupun yg kecil,nah sudah tau kan?yap…berbicaralah di depan cermin!!dia tidak akan menertawakanmu kalo kamu salah^^,kalo bisa anda harus berbicara dengan suara yg besar,kalaupun tidak,minimal anda berbicara tidak di dalam hati..hehe..atau barangkali di kamar mandinya ada cermin,ambillah barang 5 atau 10 mnt waktu anda sebelum mandi utk mengulang kalimat-kalimat yg sudah anda hafal,..Kalau kalimat yg anda hafal masih terlalu sedikit cobalah anda buat semacam cerita bebas,yg anda ceritakan secara spontan dengan menggunakan kata-kata yg anda ketahui.Contohnya saja,anda bisa menceritakan kegiatan anda hari ini,atau bisa juga ttg perasaan kepada kekasih hati..dan sebagainya..
  • Tentu adakalanya kita juga ada kesempatan utk membaca tulisan-tulisan dalam bahasa jepang,bisa di blog teman,di koran,majalah ataupun buku-buku pelajaran..bacalah tulisan2 itu dengan suara yg keras!!Cobalah ulangi kalimat-kalimat yg sekiranya penting utk anda gunakan dalam percakapan sehari-hari..(tentunya anda lakukan kiat yg ini ketika sendiri atau yg penting tidak mengganggu orang lain ya^^)..
  • Kiat-kiat ini tidak hanya melatih kebiasaan dalam menggunakan bhs jepang,namun juga melatih anda utk dapat mengucapkan dengan intonasi yg benar…tirulah gaya berbicara orang jepang,ikutlah intonasinya dan ucapkanlah berulang-ulang.
  • Setelah melakukan bbrp kiat di atas tentunya kepercayaan diri anda berbahasa bhs jepang akan meningkat,..setelah anda merasa cukup bisa merangkai kata-kata dan juga terbiasa utk menggunakannya,cobalah anda pakai kemampuan yg sudah anda miliki utk berbincang-bincang dengan orang jepang,anda tidak perlu malu..toh anda orang asing,wajar kalo kesulitan berbahasa jpng(jurus terakhir^^).Jika berbicara dngn orang jepang,biasanya mereka tidak segan utk memperbaiki kesalahan bahasa kita,atau mungkin dari awal anda sampaikan”klo salah tolong segera koreksi bhs jepang saya yah..!!”

Demikian bbrp kiat yg bisa anda jadikan alternatif utk bisa berbicara bahasa jepang dengan lancar..

Bahkan hingga saat ini sayapun masih memakainya…..

Saya menyampaikan bukan bermaksud utk menggurui dan juga bukan utk sombong2an,tapi hanya sekedar ingin berbagi pengalaman,Mudah-mudahan bisa bermanfaat yah!!

gagat sukmono