SAKURA Japanese Learning Center, Bekasi

Home » #life » Fokus dan Tekun

Fokus dan Tekun

Almanak

May 2008
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Anda adalah pengunjung ke:

  • 121,552 hits

Pengunjung site ini

Gagat Sukmono

Categories

Teman saya itu bernama Yamaguchi,Teman penghuni deretan depan bangku-bangku kelas.sosok yang selalu tenang,dan tak banyak tingkah.Tapi sangat `menyebalkan` ketika dia selalu lebih tahu tentang semua mata pelajaran di kampus.Bicaranya tentang fisika-kimia tak akan pernah berhenti sebelum kita bersikeras mengalihkan ke pembicaraan yang lain.Dialah satu-satunya teman tingkat 4 yang mampu masuk ke dalam pembicaraan ilmiah mahasiswa s2.Dialah satu-satunya yang mampu mengeluarkan pertanyaan-pertanyaan berkelas seputar dunia teknik.Belakangan ini saya tahu kalau dia juga pernah menjadi nominator pianist profesional,dan tidak dilanjutkannya karena tiba-tiba dia tertarik dengan dunia teknik.

Pantas saja dia jadi sehebat itu,tiap kali berkunjung ke perpustakaan sering terlihat sosok dia yang sedang berhadapan dengan tumpukan buku-buku fisika-kimia.Dan tekun mempelajarinya selembar demi selembar.

Bagi dia,mimpi seolah sudah nampak di depan matanya,dia sudah tahu dan memutuskan apa yang ingin diraih di masa depannya.Maka dari itu dia berusaha keras untuk meraih apa yang diimpikannya.

****

Temanku yang kali ini bernama Izaki,teman yang baru sempat dekat ketika tinggal di gedung apartemen yang sama.Tidak begitu dekat aku dengannya.Tapi yang begitu menarik darinya adalah relanya dia menambah waktu kuliah satu tahun,hanya demi tour bersama bandnya sebagai drummer.Tidak terlalu heran sebenarnya,karena memang sepertinya dia sudah yakin tentang jalan yg akan dia tempuh.Berlatih tiap hari tanpa lelah,dan akhirnya menjadi drummer yang handal..begitulah dia memandang hidup.

****

Yang satu lagi bernama Ueda,keahliannya bermain bola tidak diragukan.Sangat trampil dan didukung stamina yang luar biasa kuat.Usut punya usut..jadi membuat manggut-manggut sendiri,hmm..pantas saja dia mampu meraih kemampuan itu karena memang dari siapapun di antara kami dialah satu-satunya yang mendisiplinkan diri untuk berlatih,membentuk fisik dan menguatkan stamina.Pribadi yang menarik,dan semangat yang tak luntur itulah kesan buat dia.

****

Melihat semangat mereka menekuni bidangnya masing-masing secara tidak langsung akan selalu memberi motivasi untuk diri saya.

Ada sebuah kesamaan di antara ketiga teman saya itu.Kesamaan yang tidak membedakan..hehe..namanya juga `sama`.

Apakah itu?faktor itu di namai dengan “fokus dan tekun”.Mereka bertiga fokus dengan mimpi yang mungkin sudah mereka gantung setinggi2nya oleh mereka.Perhatian mereka terpusat kepada harapan,yang dibarengi dengan ketekunan berlatih yang luar biasa.

“ketekunan”mereka itulah yang membawa mereka benar-benar menjadi seorang ahli di bidang mereka masing-masing.

Beda dengan kita kaum pribumi,

Maen bola,bisa.Basket bisa,badminton bisa,tennis meja juga bisa.

Kimia bisa,matematika juga ga kalah,fisika bisa juga,dll.

Tapi jarang sekali orang pribumi yang rela menekuni satu bidang yang kemudian dengan segenap tenaga berusaha menjadi yang paling ahli dalam bidangnya.

Alhasil,dalam menghadapi sebuah masalah,orang kita hanya bisa menyelesaikan `cover`nya saja,ujung-ujungnya memanggil tenaga ahli dari luar-yang notabene diperlukan biaya yg tdk kecil-untuk menyelesaikan masalah tadi.Rugi..rugi..

Mungkin ini juga bisa jadi masukan untuk masyarakat dan kita semua,bahwa salah satu kelemahan individu sebagian besar masyarakat adalah dalam fokus dan ketekunan terhadap bidang yang benar-benar disukainya.Hal ini juga tidak lepas dari tuntutan buat kita untuk segera menemukan potensi yang ada di dalam tubuh kita,sehingga kita bisa cepat memutuskan bidang yang akan kita tekuni dengan bersungguh-sungguh.

Gagat sukmono,founder TEM,owner1 tokoshafiyya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: