SAKURA Japanese Learning Center, Bekasi

Home » #life » Bisnis Lingkungan:Kantong Plastik belanja kini tidak Gratis lagi!!

Bisnis Lingkungan:Kantong Plastik belanja kini tidak Gratis lagi!!

Almanak

September 2008
M T W T F S S
« Aug   Oct »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Anda adalah pengunjung ke:

  • 116,305 hits

Pengunjung site ini

Gagat Sukmono

Categories

(image from here)

Bisnis lingkungan yang bertajuk ‘save earth’ ini menjadi lahan yang lagi gencar-gencarnya diintai para bisnisman terutama di negara-negara maju.Secara teori,bisnis ini mempunyai dua keuntungan besar,yaitu keuntungan finansial yang berlimpah dan juga ikut berperan aktif mengatasi kerusakan lingkungan.

Beragam bentuk bisnis bermunculan,misal saja kampanye akibat global warming kemasan Al gore,pengembangan pembangkit listrik tenaga alam(Air,Angin,Matahari,Panas bumi,dll),Hybrid car,dan sebagainya.

Jepang,sebagai salah satu negara yang terikat perjanjian pengurangan emisi gas karbondiokasida(Dalam protokol Kyoto),saat ini semakin menggalakkan berbagai program ramah lingkungan,salah satunya adalah pengurangan ‘sampah plastik’.

Mulai 1 september,dua hari yang lalu,hampir menyeluruh di kota Gifu,jepang telah diberlakukan ‘Stop pemberian Plastik belanja gratisan’,yang seramnya lagi,jika lupa membawa tas belanja sendiri untuk memperoleh satu lembarnya kita harus merogoh kocek sebesar 5 yen.Ini hanya untuk satu lembar lho,5 yen berarti kurang lebih Rp 400.Anggap saja satu hari ada 200 orang yang belanja di department store dan membutuhkan satu lembar plastik belanja.200 orang x 5 yen=1000 yen.Dalam sebulan:1000 yen x30=30ribu yen(Anggap kurs yen 80 rupiah,berarti dalam satu bulan,Rp 2.4 juta tambahan keuntungannya).

Padahal sebelumnya(sebelum peraturan baru diberlakukan) mereka membagikan plastik secara gratisan,tambahan lagi mereka memberikan potongan 1-3% bagi pembeli yang tidak menggunakan plastik,namun kali ini beda,Pihak penjual semakin bisa memperoleh tambahan keuntungan tanpa harus memberikan potongan belanja,dsb.

Bagaimana hasil program ini?Mari kita ikuti perkembangannya..

Gagat sukmono

(Kantong plastik belanja:kantong plastik yang biasanya gratisan dapet dari supermarket setelah belanja)

Advertisements

2 Comments

  1. an1k03a says:

    Artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com
    http://lingkungan.infogue.com/bisnis_lingkungan_kantong_plastik_belanja_kini_tidak_gratis_lagi_

  2. […] Satu hal lagi yang saya pelajari dari kehidupan di negeri matahari terbit ini adalah komitmen. Komitmen untuk menjalankan sesuatu yang sudah disepakati inilah yang sangat sulit ditemukan di negeri yang aku banggakan dengan kekayaan alam dan keragaman budayanya. Salah satu contohnya adalah ketika pemerintah jepang mengeluarkan hukum dilarang mengendarai kendaraan bagi mereka yang sedang dalam keadaan mabuk (dalam pengaruh alkohol). Pada mulanya memang sulit tapi pada akhirnya seluruh rakyat berkomitmen untuk melaksanakannya, walaupun ada sebagian kecil yang tetap melanggar. Bagi mereka yang melanggar dikenakan denda sebesar 500.000 yen. Kemudian contoh besarnya adalah komitmen Jepang dalam menjalankan Kesepakatan Kyoto yang berkenaan dengan masalah lingkungan (pemanasan global). Semua lapisan masyarakat bekerja sama menjalankan kesepakatan tersebut. baca Bisnis Lingkungan:Kantong Plastik belanja kita tidak gratis lagi […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: