SAKURA Japanese Learning Center, Bekasi

Home » #motivation » Menjadi Lebih Cerdas dengan cara yang sangat sederhana

Menjadi Lebih Cerdas dengan cara yang sangat sederhana

Almanak

October 2008
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Anda adalah pengunjung ke:

  • 109,422 hits

Pengunjung site ini

My Face

Gagat Sukmono

Categories

Kemarin saya sempat mendengarkan talk nya Mogi kenichiro(Ahli neurologi jepang) di youtube tentang bagaimana caranya “menjadi lebih cerdas”dengan cara yang sangat sederhana.
Memang sangat sederhana,beliau hanya mengemukakan sebuah inti yang ringkas yaitu “kitzuki” artinya”merasakan”.
Mogi san menjelaskan secara ilmiah bahwa malam hari di saat kita tertidur,otak ternyata terus bekerja untuk merapikan data-data yang sudah seharian kita peroleh.
Pada umumnya setiap orang mengalami case yang sama,info dan data-data yang diperoleh hari sebelumnya akan menjadi rapi setelah bangun tidur di pagi hari.Tentang sedikit banyaknya itu tergantung dari kegiatan yg sudah dilakukan masing-masing individu.
Untuk memanfaatkan kenyataan ilmiah ini,Mogi san mengemukakan sebuah cara untuk mempertajam sifat terbiasa untuk “kitzuki”yang bisa membuat otak jauh lebih cerdas.

Apakah itu?jawabannya singkat,yaitu “Blogging” di pagi hari atau bisa juga dengan menulis diary,catatan,dsb.Tulislah kegiatan-kegiatan yang anda lakukan hari sebelumnya berupa kejadian-kejadian yang inspiratif,cerita tentang pertemuan anda dengan orang yang hebat,informasi yang anda peroleh,dan yang lainnya.Cobalah ingat sebanyak-banyaknya.Sehingga data-data yang sudah dirapikan tersebut tidak hilang begitu saja,tapi bisa masuk dalam “long term memory”dan diingat dalam jangka waktu yg lama,semakin banyak data yang mampu diingat berarti otak kitapun semakin “berisi”.

Ini juga akan membuat waktu yang sudah kita lalui lebih berasa.
Yap,tentang tema ini penjelasan Mogi san kurang lebih sampai di sini.
Namun kalau hanya sampai di sini saja nanti akan banyak orang yang menafsirkan “Blogging”dengan pemikiran masing-masing dan sebebas-bebasnya.Kita sebagai seorang muslim punya batasan sendiri,punya adab sendiri dalam semua kegiatan kita termasuk “Blogging”.Mencakup perihal adab untuk menulis yang baik dan bermanfaat,dengan bahasa yang sopan,tidak ada unsur kebohongan,tidak mengandung unsur pornografi,dan lain-lain.Ini semua agar waktu yang sudah kita curahkan untuk”blogging”tidak sia-sia.

Di blognya bang alex ada postingan nasehat buat para blogger muslim/ah yang masih ingin terus bermanfaat dan tidak menyia-nyiakan waktu.

Gagat Sukmono.

Image di ambil dari http://www.clipartof.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: