SAKURA Japanese Learning Center, Bekasi

Home » analisis » C.O.N.T.I.N.U.I.T.Y(Semangat yang berkelanjutan)

C.O.N.T.I.N.U.I.T.Y(Semangat yang berkelanjutan)

Almanak

December 2008
M T W T F S S
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Anda adalah pengunjung ke:

  • 113,143 hits

Pengunjung site ini

Gagat Sukmono

Categories

continuity Semangat itu kadang meroket naik tak terhingga,ketika sedang di atas,terkadang satu hari bisa konsisten dengan jadwal yang sudah ditentukan,atau bisa menulis hingga berlembar-lembar,membaca berbuku-buku,beribadah sebanyak-banyaknya,dan lain-lain.Namun,ketika kembali berhadapan dengan masalah walaupun sedikit, semangat jatuh dan akhirnya kembali ke keadaan semula,atau bahkan lebih buruk.

Kehendak manusia itu begitu lemah,untuk mempertahankan semangat atau usaha yang berkelanjutan juga butuh usaha keras.Ketika,kita sudah mampu melakukannya maka saat itulah kita sudah berdiri diambang kesuksesan.

Ada beberapa faktor yang bisa kita lakukan untuk terus mempertahankan usaha yang berkelanjutan,yaitu:

1.Niat karena Allah

Inilah faktor terkuat yang akan membantu kita mempertahankan kekuatan dalam diri untuk terus berusaha.Dan insyaAllah dengan niat karena Allah maka usaha yang akan kita lakukan tidak sia-sia,akan dinilai sebagai suatu ibadah.

2.Tekad diri

Terus meyakinkan pada diri sendiri bahwa saat ini harus berubah menjadi lebih baik,dan bertekad untuk siap menghadapi rintangan dan kemalasan.Bertekad bahwa usaha yang akan kita lakukan,tak lekang dipanas,tak lapuk dihujan.

3.Menetapkan tujuan

Adanya tujuan akan membantu kita untuk lebih fokus untuk berusaha.Kita juga jadi tahu kearah mana kita akan berlari.

4.Terus belajar

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk belajar.Seperti membaca buku,menulis,dan berguru.Dengan belajar kita akan dapati diri kita menjadi lebih pintar,lebih tahu mencari jalan terbaik untuk menggapai tujuan,lebih bijak dalam menyelesaikan permasalahan,dan akan terus termotivasi untuk maju.

5.Mencari teman yang baik dan bersemangat

Teman itu,ada yang mampu memupuk semangat ada juga yang malah menggrogoti semangat.Yang mampu memupuk semangat kita adalah teman yang baik dan juga ingin terus berusaha untuk mencapai sukses.Berusahalah untuk mencari lingkungan orang-orang yang baik dan bersemangat.Hindarilah dari bergaul dengan orang-orang yang malas dan tidak aktif,berpikiran sempit dan pesimis,karena ini akan berimbas buruk bagi kita dalam mempertahankan semangat.

6.Beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah

Inilah pelengkap dari Tawakal,setelah kita berusaha maka sebagai muslim kita harus beribadah sesuai sunnah,berdo`a,dan mendekatkan diri kepada Allah.Yakinlah bahwa Allah akan memberikan yang terbaik dari hasil usaha kita.

7.Bersabar

Usaha yang kita lakukan tidak selalu menampakkan hasil riil,ini harus terus kita ingat agar tidak mudah putus semangat ketika usaha kita belum menghasilkan sesuatu.Intinya harus “bersabar”,tanpa ini usaha yang berkelanjutanpun tidak akan pernah tercapai.

Demikian faktor-faktor yang berperan besar untuk mempertahankan semangat yang berkelanjutn.Silakan dicoba dan selamat untuk merubah diri menjadi lebih baik.

Salam,

Gagat sukmono

image from here

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: