SAKURA Japanese Learning Center, Bekasi

Home » analisis » Menetapkan tujuan,menetapkan kompas kehidupan

Menetapkan tujuan,menetapkan kompas kehidupan

Almanak

December 2008
M T W T F S S
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Anda adalah pengunjung ke:

  • 112,927 hits

Pengunjung site ini

Gagat Sukmono

Categories

goals2007

Perjalanan tanpa tujuan itu tidak mengasyikkan,tidak tahu kemana harus melangkah dan untuk apa musti melangkah.Begitu juga dalam kehidupan sehari-hari,jika hidup tanpa keinginan,harapan,cita-cita atau apapun yang sifatnya sebagai tujuan bisa terbayangkan hidup menjadi tidak menarik,motivasi lemah,mudah putus asa dan malas mengahasilkan yang terbaik.

Bagi kita yang ingin merubah hidup menjadi lebih menyenangkan,lebih nyaman dan lebih bermanfaat untuk orang lain tentunya menetapkan tujuan hidup menjadi suatu hal yang harus dilakukan.

Menetapkan tujuan bukan berarti anda harus terhenti ketika sudah menentukan cita-cita hidup anda.Anda atau lebih tepatnya kita,masih perlu melakukan langkah-langkah yang real untuk mewujudkan apa yang sudah dicita-citakan.Langkah-langkah real inilah yang menjadi pemisah antara orang yang sukses mewujudkan impiannya dengan orang yang gagal mewujudkannya.

Hampir semua orang mempunyai impian atau cita-cita yang besar,tetapi hanya segelintir orang yang mampu mewujudkannya.Selebihnya adalah orang-orang yang merasa tidak mungkin mewujudkannya dan kemudian putus asa.

Dari beragam pola menentukan tujuan hidup,ada sebuah kesimpulan menarik yang patut kita ketahui dan layak untuk diterapkan dalam menentukan suatu tujuan hidup.

Tujuan itu disimpulkan menjadi dua,yang sifatnya long term(jangka panjang) dan short term(jangka pendek).Dua jenis tujuan ini sama pentingnya dan harus ada keduanya.Untuk menggapai tujuan jangka panjang kita membutuhkan dan harus memenuhi tujuan jangka pendek.Keduanya itu ibarat teman yang tidak bisa dipisahkan.

Misalnya anda mempunyai suatu tujuan jangka panjang,ingin menjadi top bussinessman di Indonesia,tujuan pendek yang perlu anda rancang itu contohnya anda harus belajar tentang dunia bisnis,mengikuti seminar,membaca buku,memiliki mentor bisnis,dan yang paling penting yaitu anda terjun langsung ke dunia bisnis.Tujuan yang perlu dicapai misalnya anda harus bisa konsisten untuk membaca minimal 1 buku dalam seminggu,atau anda harus bisa fokus untuk menghasilkan omset sekian ratus juta setiap bulan dari bisnis yang anda lakukan.dan sebagainya.Dengan banyak membaca dan belajar tentang bisnis anda akan lebih tajam membaca peluang,menjadi lebih yakin,dan tidak mudah putus asa,kemudian ilmu yang sudah peroleh kita aplikasikan dalam bisnis yang kita jalani untuk memperoleh omset ratusan juta perbulan.dan sebagainya.

Tentunya dengan ini anda jauh lebih yakin khan bahwa tujuan jangka panjang yang anda inginkan akan tercapai suatu saat nanti.

Ini berbeda jika anda tidak mendampingi tujuan jangka panjang anda dengan tujuan-tujuan jangka pendek.Misalnya,anda ingin menjadi top bussinessman,tetapi keseharian anda selalu menunggu anugerah turun kepada anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan tangguh,memiliki kedisiplinan dan cerdas membaca peluang,sedangkan anda tidak sungguh-sungguh untuk melakukan sesuatu ke arah tsb.,yang ada waktu hanya akan berlalu sementara diri anda tidak berubah menjadi lebih baik,dan tujuanpun akan terasa semakin jauh untuk mencapainya.

Sebaliknya,tujuan jangka pendek tanpa ada tujuan jangka panjang yang ingin dicapaipun jadi terasa hambar,motivasi menjadi mudah goyah dan akan membuat bingung sendiri.

Kedua-duanya harus ada…

Menetapkan tujuan itu tidak mengeluarkan biaya dan mudah sekali.Tidak ada ruginya anda mencoba,minimal sebagai bukti niatan baik anda untuk berubah ke arah yang lebih baik.

Just share..

Gagat sukmono

Mahasiswa Shinshu univ-Japan

Owner1 toko shafiyya

picture dari sini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: