SAKURA Japanese Learning Center, Bekasi dan Karawang

Home » menulis

Category Archives: menulis

Saat pikiran terpenjara-kode etik karyawan

Rutinitas menjadi seorang karyawan, bukan satu hal yang istimewa untuk diceritakan, orang bekerja jadi karyawan, hal yang biasa.Banyak orang yang melakukannya.
Ini beda halnya dengan cerita-cerita seorang pengusaha sukses, pelajar yang mengalami hal-hal baru, penulis, dan yang lain, selalu ada hal yang bisa diceritakan karena tidak banyak yang mengalaminya.
Sebenarnya, seorang karyawanpun, beda perusahaan, pasti beda lagi ceritanya, beda bidang beda pula yang dikerjakan.tentunya hal ini bisa menjadi sesuatu yang baru karena tidak semua orang mengalaminya.Ini bisa diceritakan atau dituliskan. Tetapi kenapa seorang karyawan terutama saya, sulit sekali untuk menceritakan pengalaman2 itu.
Bagi seorang karyawan, secara langsung atau tidak langsung, mempunyai batasan untuk bercerita tentang perusahaannya ke publik. Tidak ada hak atau kewenangan untuk menceritakannya.
Baik itu tentang kondisi perusahaan, metode, apalagi yang terkait dengan proses produksi, itu adalah restricted, sangat dibatasi!Alhasil, sulit bagi seorang karyawan bercerita tentang pengalaman atau kegiatan sehari2nya..
Boleh dibilang ini semacam kode etik seorang karyawan.
Karena ini semua terkait dengan bisnis, khawatir apabila diceritakan di publik maka rahasia dapur akan diketahui oleh kompetitor kemudian dipakai untuk menyaingi perusahaan.
Di sini sebenarnya perlu kreativitas, adanya kode etik tersebut tidak semestinya memenjarakan pikiran dan kebebasan kita untuk berbagi ilmu, untuk lebih bermanfaat bagi orang lain. Saya harus bisa meramu, pengalaman dan apa yang saya dapatkan sehari-hari di tempat kerja agar lebih bermanfaat untuk orang lain namun tetap menjaga kode etik karyawan tersebut.
Ini tantangan.

Semuanya itu “pilihan” (1)

Waktu 2 tahun yang sudah saya lewati, kadang terasa kadang tidak.
Saat tidak punya duit, waktu ini kok ya terasa lama banget muternya,
Saat duit ada, ga terasa dan tanpa disadari keberadaannya lenyap seketika..
hehe..
Persisnya, tentu kadang saya merasa waktu ini terlalu lambat berputar..
tapi yang pasti saat menulis ini, waktu terlalu cepat berputar.

Saya sengaja memakai parameter 2 tahun, karena 2 tahun yang lalu, tepatnya agustus 2009, saat itu saya kembali ke tanah air, setelah mulai dari april 2004 saya menimba ilmu di tanah airnya osin, jepang.
Kisah yang saya lalui banyak sekali, wuakeehh..tapi saya coba nyicil deh, di awali dari tulisan ini juga boleh ya..
mudah2an aja bisa berlanjut,

selama 2 tahun, saya ditolak 3 kali dan 6 kali diterima..
wah..kok akeh tenan (kok banyak sekali?), jangan kaget, itu bukan angka ditolak maupun diterima saya oleh seorang gadis:D, tapi itu angka perusahaan/tempat kerja yang menerima dan menolak saya..
Setelah dihitung2, ternyata cukup banyak juga ya saya cari kerja:D
Ya ginilah nasib seorang ‘pencari kerja’dengan modal pas-pasan, ya harus proaktif.

Seluk beluk mencari kerja, kisah saat bekerja..
Dan tentunya dengan seabrek ilmu yang bisa disharing..
Menurut saya sih menarik, tapi bagi pembaca dengan bermacam-macam dunia persilatan tentunya punya sudut pandang sendiri dalam menilai,

Mari ‘kita’ tunggu kisah berikutnya

Bekasi 18 september 2011
Gagat sukmono

Saatnya SEHAT!

Alhamdulillah ada libur 4 hari, saya akan coba untuk memanfaatkan secara maksimal..
Refreshing, berlibur bersama anak-anak..membaca, menulis..dan olahraga:)

Akhir-akhir ini saya sudah mulai bisa `action`untuk mencapai target pribadi “2011 SEHAT”.
2 minggu sekali, futsal dengan rekan kerja:).
Konsumsi obat-obat herbal secara rutin, salah satunya adalah penyembuh segala penyakit kecuali kematian yaitu Habatussauda, selain itu juga konsumsi sari kurma, supplier energi yang luar biasa.
Makan teratur, tidur teratur..dan olahraga kecil lainnya.
Juga tidak kalah pentingnya, tetap jaga kesehatan otak, isi dengan supply ilmu yang bermanfaat..jangan biarkan sel-sel neuron anda mati karena memang jarang digunakan.

Bagi saya, kesehatan sudah terasa begitu penting..seharusnya begitu juga dengan anda kan?
Apabila sakit, tidak hanya merepotkan diri sendiri, bisa jadi akan merepotkan orang lain.
Juga akan membuat orang yang kita sayangi jadi khawatir…

健康第一
Healthy first

Utamakan kesehatan..mari bersama-sama “2011 SEHAT!!”

Gagat sukmono
Bekasi, 14 mei 2011

21 Best Tips to make Best Presentation


o5.com
1. Membuat alur materi dengan baik ( background-isi-kesimpulan).
2. Membuat slide/tampilan materi dengan rapi.
3. Tidak memasukkan banyak tulisan.
4. Memperjelas poin-poin penting yang akan disampaikan (garis tebal, pewarnaan,dll).
5. Urutan yang jelas (memberi nomor, dll).
6. Meletakan posisi materi di slide secara balance.
7. Kombinasi warna yang tepat.
8. Hindari pewarnaan yang terlalu menyakitkan mata.
9. Mudah dibaca, dengan menggunakan font yang sesuai isi materi.
10. Memasukkan animasi/animasi pergerakan atau pergantian slide yang tepat.
11. Tidak menggunakan animasi berlebihan.
12. Menggunakan animasi yang halus.
13. Menyampaikan dengan suara yang dapat terdengar jelas oleh pendengar.
14. Memberikan penekanan-penekanan intonasi pada poin-poin penting.
15. Tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat.
16. Menunjuk dengan pointer atau stik dengan tepat pada bagian yang kita sampaikan.
17. Menghadap audiens.
18. Posisi berdiri yang tepat, tidak menutupi layar atau tidak terlalu jauh.
19. Hindari penjelasan yang bertele-tele, hemat kata tepat sasaran.
20. Menjelaskan sesuai urutan dan dengan bahasa yang disesuaikan terhadap audiens.
21. Simulasikan dengan baik apa yang akan anda sampaikan dan berlatihlah.

Dan jangan lupa berdo’aJ

Gagat sukmono

`Ngeblog`memang bikin cerdas!!

Saya punya apresiasi yang tinggi untuk para blogger yang mampu mengukir karya tulisnya secara kontinyu..
Kemampuan itu menunjukan kecerdasan yang tinggi, apalagi kalau contentsnya adalah sesuatu yang punya nilai tinggi, punya manfaat.

Semoga para blogger pada baca artikel ini, soalnya saya mau nanya nih..
Adakah kesamaan dengan saya ketika mengawali aktivitas blogging.

1. Awalnya bingung apa yang mau ditulis
2. Di tengah2 juga bingung, apa yang mau ditulis
3. sering punya banyak ide dan banyak pengalaman, tetapi buntu untuk mengekspresikan dalam bentuk tulisan
4. Ketika rasa bingung menentukan bahan tulisan sudah memuncak, akhirnya jadi males.
5. Awalnya merasa ga pede
6. Awalnya setelah posting dan kemudian membaca tulisan sendiri merasa lucu atau memalukan, sehingga tidak jarang membuat jadi malas menulis
7. Memaksakan karakter untuk meniru gaya penulisan orang lain
8. Sulit mengukir kalimat pertama jadi poin judgement bagi diri sendiri kalau anda tidak berbakat menulis
9.dll

Segitu dulu yah,..
Nah,beberapa poin di atas jujur saja sering saya alami..
Saya merasa tidak terlalu pintar menulis, but there`s nothing impossible..ya kan?

Sekarang pembahasan saya balik ke yang pertama tadi..
Yaitu hubungan antara ngeblog dengan kecerdasan..
Ini berhubungan dengan artikel saya sebelumnya “6 kemampuan yang harus diasah”
Di sana saya menjelaskan bahwa menulis adalah the 6th yang perannya sangat besar untuk mengoptimalkan otak. Menurut saya Menulis, adalah metode terbaik dalam mengecek kembali semua informasi yang telah diinput ke otak. Tidak percaya?boleh dicoba:D
Coba anda tulis tentang seminar yang baru saja anda ikuti, atau menyimpulkan hasil kerja hari ini, atau mungkin cukup dengan kegiatan anda hari ini..
Gimana?
Jika anda merasa sulit untuk mengekspresikannya dalam bentuk tulisan, saya khawatir, karena bisa jadi anda memang tidak paham dengan apa yang telah anda lakukan:D. Anda hanya melakukan sesuatu, mengabiskan waktu untuk hal itu..dan kemudian berlalu begitu saja tanpa anda paham dengan apa yang telah anda lakukan.
Bisa jadi sebenarnya informasi-informasi dari kegiatan yang telah anda lakukan sudah masuk ke dalam otak..akan tetapi, informasi tsb belum berurut, atau mungkin ada beberapa moment yang memang hilang karena anda ngantuk dan hilang konsentrasi..info2 tersebut perlu ada rapikan, salah satu caranya ya dengan menulis tadi..ada kembali mereview apa yang sudah anda lakukan, anda urutkan..dan yang terakhir, anda masukkan ke dalam LONG TERM MEMORY otak anda, tahap inilah info menjadi suatu ilmu yang mencerdaskan anda.

Ngeblog yang notabene adalah aktivitas yang banyak menulisnya, bagi saya adalah metode yang sangat tepat untuk belajar dan meningkatkan kecerdasan.

Dan orang-orang yang mampu secara kontinyu melakukannya dan dengan isi yang `bernilai`, tentu mereka adalah seorang pembelajar yang cerdas..

Semoga bermanfaat,

Bekasi, 10 april 2011
Gagat sukmono

How are u?met idul fitri 1431H

Sampai ketemu lagi sahabat-sahabatku,maafin ya..udah lama sekali ga ngisi blog,agak sedikit canggung,he..
Nice to meet you again my friends..
Mudah2an masih ada yang baca blog ini,insyaallah saya berniat untuk memulihkan blog ini..tentunya dengan contents yg lebih menarik,berbobot dengan gaya penulisan yg smoga bisa lebih baik..
Mumpung belum basi,saya dan keluarga mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1431H,taqabbalallahu minna wa minkum..

Lebaran ini alhamdulillah saya bisa berkumpul dengan keluarga di pangkalan kerinci,riau..setelah 6 kali idul fitri ga bisa berkumpul,alhamdulillah..bahagia banget.walaupun banyak ngabisin waktu di rumah,tp cukup senang..
Gimana lebaran teman2 kali ini?kemana aja?

Regards,
gagat sukmono

Musim panas yang Dingin in 2009

Kalau tahun-tahun biasanya,bulan sekarang di jepang musim panas sudah deket masa puncaknya.Tapi tahun ini sepertinya beda.Tahun ini hujan terlalu banyak di musim panas,kadang suhunya pun ikut turun jadi sejuk.

Kalau hanya menghabiskan hari-hari di rumah,suasana hujan seperti ini jadi lebih mengasyikkan,karena tidak panas dan bisa hemat utk nggak ngidupin AC.

Untuk yang sering bepergian akan sedikit direpotkan untuk menyiapkan pakaian anti hujan atau bawa payung.

Musim panas yg dingin seperti tahun ini katanya diakibatkan oleh gejala Elnino(naiknya temperature permukaan laut di bagian timur pasifik) sama seperti tahun 2002 yg lalu.

Gimanapun suasananya…mudah2an hati tetep ceria

Gifu 2 agustus 2009

Gagat

Yang cerdas,yang survive di tengah perkembangan informasi yang dahsyat

Beberapa bulan ini saya mencoba meresapi kembali keadaan dunia dalam sebuah sistem kecil.

Sistem kecil ini lebih memudahkan saya untuk menilai secara garis besar keadaan yang ada.Think out of the box.

Orang banyak menyebut era saat ini sebagai borderless era,masa di mana tidak ada pembatas lagi antara suatu tempat dengan tempat yg lain,antar negara atau antara dunia belahan utara dengan dunia belahan selatan,

semua itu bisa terjadi berkat adanya internet.

Di negara maju seperti jepang,internet bukan lagi materi yang asing,bahkan kebutuhan akan internet sudah hampir setara dengan kebutuhan akan makanan.Menakjubkan..

Perkembangan pemakaian internet yang pesat dari hari ke hari di seluruh penjuru dunia,menyebabkan perkembangan informasi membludak dahsyat,ada saja info baru setiap detiknya.Karena ibaratnya berita dari seluruh pelosok dunia,pelosok kehidupan manusia,dengan mudah dishare melalui internet.

Perkembangan informasi yang dahsyat ini membawa efek perkembangan pola pikir manusia secara dahsyat pula.Setiap hari ada saja  teknologi baru,penemuan baru,terobosan baru,dll.

Internet,tidak berlebihan kalau menyebutnya sebagai,”agen perubahan peradaban manusia”.

Perkembangan informasi yang dahsyat ini,jika dipandang lebih cermat,tentu efek negatifnya juga tidak sedikit,salah satunya adalah “persaingan bebas yang borderless”atau kita bisa menyebutnya sebagai “hukum rimba”.Tetapi bedanya saat ini yang kuat bukan yang berotot kuat,tapi yang kuat adalah yang pintar,yang cerdas yang bisa tidak hanya work hard tapi juga work smart.

Jadi intinya untuk bisa survive,untuk bisa exist sebagai manusia merdeka di era ini adalah dengan “mencerdaskan diri” dengan belajar banyak hal.

mari cerdaskan diri kita

Gagat sukmono

Mencari pillar blog

Teman semua,mohon kerjasamanya ya..tolong isi polling di bawah..

Saya sedang mencari sebuah topik yg akan saya jadikan pillar di blog ini.

Sebelumnya,Makasih banyak..

Ini dia yang dimiliki mahasiswa jepang tapi tidak kita miliki..

09bushido“Kalau ada yang bilang mahasiswa indonesia itu lebih cerdas daripada mahasiswa jepang itu memang bukan omong kosong,kalau ada juga yang bilang mahasiswa indonesia itu lebih bodoh,itu juga bukan omong kosoong..:D”

Hidup 5 tahun di jepang sbg mahasiswa,cukup bagi saya untuk menggambarkan secara umum bagaimana kebiasaan dan pola mahasiswa jepang dalam menuntut ilmu atau kebiasaan yg lain secara umum,yang nantinya mempunyai peranan penting dalam memajukan negara mereka..

Okey,kita ambil sample secara khusus.

Kali ini di tempat saya belajar,Undergraduate Fakultas teknik Universitas Shinshu,Nagano perf.Japan..

Penilaian ini secara umum,untuk kategori rata2 menengah keatas dan mungkin hanya bersifat subjektif,tapi sangat lebih dari cukup untuk dijadikan gambaran..

Keunggulan mahasiswa Indonesia

Jangan berkecil hati,mahasiswa indonesia di Jepang juga tidak kalah. Sebagai prestasi,pada tahun pertama mahasiswa indonesia terpilih menjadi peringkat pertama dan kedua di jurusan Environmental science and technology.Setelah itu tetap bersaing dijajaran atas nilai administratif.Begitu juga di jurusan2 yg lain,mahasiswa indonesia mampu meraih nilai yg memuaskan.

Di tahun terakhir,saya terpilih menjadi presentator terbaik dalam sidang tugas akhir mengalahkan mahasiswa2 jepang.

Keunggulan mahasiswa jepang

Mereka menguasai bidang secara khusus.Misalnya seorang mahasiswa tertarik di bidang fisika maka dia terpusat hanya pada fisika,khususnya penelitian yg ingin dipelajarinya.Mereka tidak tertarik pada bidang2 yg sama sekali tidak ada hubungannya dengan fisika.

Mereka terbiasa menguatkan pondasi.

Dasar-dasar ilmu diutamakan sebelum beranjak ke tahap penerapan.

Mereka memiliki pola pikir “kaizen” yg bagus.Kaizen itu bisa disebut sebagai evaluasi,perbaikan.Khususnya dalam penelitian.Terus dituntut untuk menghasilkan yg lebih dan lebih baik lagi.

Kesimpulan

Kita coba simpulkan lagi apa yang dimiliki mahasiswa jepang tapi mahasiswa Indonesia tidak memilikinya.

1.Fokus dan konsentrasi yg bagus

Mahasiswa jepang dengan level menengah keatas mempunyai kemampuan fokus dan konsentrasi yg bagus.Mereka tidak rakus ingin bisa semua bidang,tapi mereka fokus untuk menguasai satu bidang secara maksimal,dari A sampai Z,dari Alif sampai Ya.

2.Nintairyoku(kesabaran)

Mereka mampu 12 jam lebih di Lab mengerjakan penelitian dengan efisiensi yg tetap bagus.Kegagalan tidak membuat mereka jatuh berlama2,tapi mereka segera mengulanginya hingga berhasil.

3.Teratur dan Ontime

Mereka terbiasa memanage waktu dengan baik,scheduling yg bagus dan konsistensi yg bagus pula dalam menaatinya.

4.Kerjakeras

Yang ini bahkan sudah jadi kebiasaan semua lapisan masyarakat jepang.Kerja keras mereka masih sangat jauh di atas kita,masy.Indonesia.

5.Punya tujuan

Yang ini dimiliki hampir semua mahasiswa jepang.Bagi mereka yg tujuannya jadi seorang peneliti maka kesehariannya selalu diisi dengan belajar dan belajar.Bagi mereka yg ingin menjadi pemain bola,sudah pasti dia akan terus mengolah skill bolanya secara maksimal,walaupun nilai belajarnya hanya pas-pas an.

6.Mereka nggak ribut soal politik

Walaupun politik dan ekonomi jepang saat ini sedang ketar ketir,mahasiswa jepang hampir tidak pernah meributkannya.Beda jauh dengan mahasiswa indonesia dimanapun berada.

Well,sekian dulu..mudah-mudahan bisa menjadi masukan yg berarti.

salam,..

Gagat sukmono

image:www.kuu-astrographic.jp