SAKURA Japanese Learning Center, Bekasi dan Karawang

Home » Posts tagged 'bahasa jepang'

Tag Archives: bahasa jepang

Advertisements

2 Cara meningkatkan kemampuan berbahasa jepang

Ini cara yang begitu simpel,pernah saya tulis juga sebelumnya,namun yang mengejutkan,ternyata cara yang pernah saya lakukan itu mendapat pengakuan dari para ahli sebagai cara peningkatan daya ingat yang luar biasa didasarkan pada penelitian ahli otak.Mendapat pengakuan,maksudnya bukan mereka langsung mengakui apa yang saya lakukan..hehe..namun cara-cara tersebut sudah dipublikasikan di berbagai buku sebagai penemuan baru keilmuan modern,nah kebetulan klop dengan yang pernah saya lakukan..

Sudah penasaran?Langsung aja..

Yang pertama adalah “ondoku”.Maksudnya membaca dengan mengeluarkan suara.

Yang kedua adalah “kagami to hanasu”.Maksudnya berbicara dengan cermin.

Sebenarnya yang kedua itu tips tambahan dari saya..hehehe..kali aja bentar lagi para ahli menyetujuinya,karena memang efeknya sangat luar biasa untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi bahasa jepang termasuk juga dalam pengejaannya.

Pada dasarnya kedua cara ini bukan hanya untuk peningkatan bahasa jepang,namun juga berlaku untuk berkomunikasi secara umum,konon kata sesepuh pakar,cara pertama tadi juga efektif untuk meningkatkan kemampuan menghafal.

Bagaimana sebenarnya kedua cara itu bekerja dan efeknya terhadap otak?

Mari kita coba dulu:D

Advertisements

kiat semakin lancar berbahasa jepang!!

日本語はいかがですか?

Sudah lama tinggal di jepang tapi ngomong bhs jepang masih belepotan,sudah menghabiskan ratusan anime,dorama,dan movie jepang..namun ga ada kemajuan dlm berbicara bhs jepang?

“aku ngerti yg dia omongin tapi kenapa aku ga bisa ngomong seperti dia yahh..??”

Sampai-sampai anda merasa sangat ga pede ketika ngomong dngn orang jepang di saat teman dekat anda yg lebih mampu berbahasa jepang ada di samping anda..

…duuh sinipun sampai merasa tengsin(malu),ketika punya temen yg sudah lama tinggal di jepang tapi ngomong masih berantakan,bhs yg sopan ato enggak main hantam aja^^..kadang sinipun merasa tersinggung saat berbicara dngn teman memakai bhs jepang namun ternyata dia tidak bisa memilih bhs yg lebih sopan,..(karena emng ga keluar di kepala,ato emng karena ga tw klo itu bhs yg kasar..),..

Mampu berbicara bhs jepang dngn lancar bukan bawaan DNA,bukan juga karena didasarin pada bakat buat pinter bhs asing dan sebagainya…anda yg masih kewalahan dalam berbicara bhs jpng,sadar atau tidak ternyata memang anda tidak efektif dlm mempelajarinya,anda kurang berlatih!!..atau memang karena anda adalah seorang “pemalas”..yg pada akhirnya menyalahkan faktor bakat,bawaan lahir,dan berbagai alasan yg lain.

Kalo anda masih malu,dan terus-terusan ga percaya diri,itu akan menekan peningkatan kemampuan berbicara anda kearah yg terbalik..semakin lama tinggal di jepang,tapi kemampuan berbicaranya tidak ada perubahan..sayang sekali khan?

Saya tersadar utk giat menjalani kiat-kiat ini kurang lebih setengah tahun sebelum sekolah bahasa jepang berakhir..

Saat itu saya berada di lingkungan temen2 yg pemalu(malu ga pada tempatnya..),mereka beranggapan bahwa saling berbicara bhs jepang sesama teman adalah suatu bentuk kesombongan..wah padahal kan ga seperti itu..

Akhirnya saya mencoba utk menempuh jalan lain utk bisa lancar berbahasa jepang,

Baiklah,saya akan sedikit berbagi mengenai gimana caranya anda bisa menjadi lebih PeDe ketika berbicara bhs jepang di tengah temen2 anda..

selanjutnya saya akan buat perpoin yah..

  • Yang pertama,tentunya anda harus mempelajari bahasa jepang itu sendiri,baik itu pola kalimatnya,istilah-istilahnya,penulisannya..dan lain-lain.Apa yg anda dapatkan di sekolah-sekolah bahasa jepang itu juga sudah cukup kok..tinggal individu masing2,mau belajar apa tidak..?
  • Manfaatkan televisi dan radio yg menyiarkan acara dlm bhs jepang.Anda bisa pilih dari program acara yg mudah dicerna.Kemudian anda dengarkan baik-baik..nah tentunya anda akan menemukan kata-kata yg menarik yg anda mengerti dlm acara tersebut,(atau anda juga bisa merekamnya),terus apakah yg bisa anda lakukan,hafalah kalimat-kalimat yg menarik bagi anda,klo memungkinkan anda jg bisa menulisnya dlm selembar kertas.Kalimatnya tidak harus banyak,bahkan satu kalimatpun tidak mengapa…,kemudian pakailah kalimat-kalimat itu sesering mungkin,pada awalnya anda jg bisa mencampurnya dngn bhs indonesia,yg penting anda harus berusaha memunculkan kalimat2 yg anda hafal tersebut.Anda harus melakukan hal ini karena ternyata dlm penguasaan bhs asing mengahafal saja tidak cukup,namun anda juga harus membiasakan dlm bentuk verbal,yg terucap sehingga kalimat-kalimat itu menjadi biasa kita ucapkan dan tentunya akan dengan sendirinya muncul ketika kita membutuhkan kalimat tsb ataupun yg semakna dngnnya..
  • Mungkin anda masih bingung mencari tempat mengaplikasikan kiat yg pertama tadi.Saya juga seperti itu awalnya..Utk mengatasi ini,anda bisa mengambil cermin yg besar maupun yg kecil,nah sudah tau kan?yap…berbicaralah di depan cermin!!dia tidak akan menertawakanmu kalo kamu salah^^,kalo bisa anda harus berbicara dengan suara yg besar,kalaupun tidak,minimal anda berbicara tidak di dalam hati..hehe..atau barangkali di kamar mandinya ada cermin,ambillah barang 5 atau 10 mnt waktu anda sebelum mandi utk mengulang kalimat-kalimat yg sudah anda hafal,..Kalau kalimat yg anda hafal masih terlalu sedikit cobalah anda buat semacam cerita bebas,yg anda ceritakan secara spontan dengan menggunakan kata-kata yg anda ketahui.Contohnya saja,anda bisa menceritakan kegiatan anda hari ini,atau bisa juga ttg perasaan kepada kekasih hati..dan sebagainya..
  • Tentu adakalanya kita juga ada kesempatan utk membaca tulisan-tulisan dalam bahasa jepang,bisa di blog teman,di koran,majalah ataupun buku-buku pelajaran..bacalah tulisan2 itu dengan suara yg keras!!Cobalah ulangi kalimat-kalimat yg sekiranya penting utk anda gunakan dalam percakapan sehari-hari..(tentunya anda lakukan kiat yg ini ketika sendiri atau yg penting tidak mengganggu orang lain ya^^)..
  • Kiat-kiat ini tidak hanya melatih kebiasaan dalam menggunakan bhs jepang,namun juga melatih anda utk dapat mengucapkan dengan intonasi yg benar…tirulah gaya berbicara orang jepang,ikutlah intonasinya dan ucapkanlah berulang-ulang.
  • Setelah melakukan bbrp kiat di atas tentunya kepercayaan diri anda berbahasa bhs jepang akan meningkat,..setelah anda merasa cukup bisa merangkai kata-kata dan juga terbiasa utk menggunakannya,cobalah anda pakai kemampuan yg sudah anda miliki utk berbincang-bincang dengan orang jepang,anda tidak perlu malu..toh anda orang asing,wajar kalo kesulitan berbahasa jpng(jurus terakhir^^).Jika berbicara dngn orang jepang,biasanya mereka tidak segan utk memperbaiki kesalahan bahasa kita,atau mungkin dari awal anda sampaikan”klo salah tolong segera koreksi bhs jepang saya yah..!!”

Demikian bbrp kiat yg bisa anda jadikan alternatif utk bisa berbicara bahasa jepang dengan lancar..

Bahkan hingga saat ini sayapun masih memakainya…..

Saya menyampaikan bukan bermaksud utk menggurui dan juga bukan utk sombong2an,tapi hanya sekedar ingin berbagi pengalaman,Mudah-mudahan bisa bermanfaat yah!!

gagat sukmono