SAKURA Japanese Learning Center, Bekasi dan Karawang

Home » Posts tagged 'jepang'

Tag Archives: jepang

Advertisements

Musim panas yang Dingin in 2009

Kalau tahun-tahun biasanya,bulan sekarang di jepang musim panas sudah deket masa puncaknya.Tapi tahun ini sepertinya beda.Tahun ini hujan terlalu banyak di musim panas,kadang suhunya pun ikut turun jadi sejuk.

Kalau hanya menghabiskan hari-hari di rumah,suasana hujan seperti ini jadi lebih mengasyikkan,karena tidak panas dan bisa hemat utk nggak ngidupin AC.

Untuk yang sering bepergian akan sedikit direpotkan untuk menyiapkan pakaian anti hujan atau bawa payung.

Musim panas yg dingin seperti tahun ini katanya diakibatkan oleh gejala Elnino(naiknya temperature permukaan laut di bagian timur pasifik) sama seperti tahun 2002 yg lalu.

Gimanapun suasananya…mudah2an hati tetep ceria

Gifu 2 agustus 2009

Gagat

Advertisements

Musim gugur

bagaikan dapet pelukan hangat ,abis tu disiram es..hehe“~by gagat

Musim gugur,dengan dedaunan merahnya,atau kuning,cuaca yang sejuk dan teduhnya suasana selalu mempunyai warna tersendiri untuk memikat siapapun larut sejenak dalam hening yang penuh rindu mengagumi ciptaan Allah.

Setelah melalui masa-masa sulit musim panas,indahnya musim gugur semakin bisa dirasakan.

Musim gugur ini memang tak ubahnya seperti “pelukan hangat”terasa teduh dan damai,tapi setelah itu…

(hrrr..membayangkannya aja udah kedinginan nih..hehe),musim dingin bakal datang membawa sifat dinginnya yang nggak karuan.

demo daijoubu sa,anata to issho nara donna hi datte tanoshiku sugoseru yo“:D

(pictures by gagat)

Gagat sukmono

seri kumpulan tulisan 1-kehidupanku di Jepang

Kehidupanku di Jepang

oleh adrian

Tak terasa sudah 4 tahun kulalui sejak pertama kali aku menginjakkan kaki di negeri sakura ini. Tak pernah kubayangkan sebelumnya kalau aku akan dapat tinggal dan belajar di negeri yang selama ini hanya dapat kulihat melalui televisi saja. Memang kita tidak tahu apa dan bagaimana skenario kehidupan yang sudah dipersiapkan Allah untuk kita. Kehidupan di negeri lain yang agama, norma dan kebiasaannya berbeda dengan negeri asalku Indonesia.

Pada awalnya sempat merasa agak khawatir juga apakah akan sanggup menjalani kehidupan yang beru di negeri asing. Namun lambat laun hal itu mulai hilang walaupun tidak sepenuhnya. Di negeri ini aku menjalani kehidupan yang berbeda dengan sebelumnya. Tidak hanya karena aku harus mulai hidup mandiri dengan mengurus segalanya sendiri. Berbeda dengan sebelumnya dimana aku masih tinggal dengan orangtuaku.

Di negeri ini pula aku mendapatkan sesuatu yang sangat berharga. Di sini aku mengenal Islam lebih dalam. Aku sendiri tak mengerti kenapa malah di negeri kafir ini aku menyadari bahwa ternyata Islam yang aku ketahui barulah sedikit dan bahkan banyak kesalahannya. Ya, aku bukanlah berasal dari keluarga yang kental dengan agama namun juga bukan dari keluarga yang jauh dari agama. Islam yang kutahu ketika aku masih di Indonesia hanyalah sebatas sholat dan ngaji, serta rukun Islam dan rukun iman saja. Namun ternyata Islam sangat luas, dan banyak hal yang belum kupelajari. Banyak pemahamanku dulu tentang Islam yang ternyata salah.

Aku bersyukur kepada Allah karena telah di beri petunjuk untuk mengenal Islam yang benar, Islam yang haq, yang jauh dari segala kesyirikan dan kebid’ahan yang sangat menyebar di Indonesia. Terkadang jika kita melaksanakan sunnah yang tidak dilakukan oleh sebagian besar kaum muslimin lain malah dianggap aneh.

Namun walaupun sudah mengenal Islam yang haq, yaitu Islam yang sesuai jalannya para Salafus Shalih, ada satu hal yang sangat mengganggu pikiranku akhir-akhir ini. Apakah aku dapat tetap istiqomah di jalan yang benar ini? Apakah aku dapat terus menuntut ilmu agama tanpa pernah berhenti ? Terutama dengan keadaanku sekarang yang tengah berada di negeri kafir yang gangguan dan godaannya sangatlah besar. Dan ditambah dengan kesibukanku yang sudah memasuki tahun akhir perkuliahan. Memang benar apa kata orang kalau lebih berat untuk mempertahankan daripada meraih sesuatu.

Tapi aku bersyukur di sini masih ada teman-teman seiman dan semanhaj yang selalu mengingatkanku. Walaupun kami sudah tidak tinggal di satu tempat lagi, teman-temanku masih senantiasa untuk saling mengingatkan. Walaupun aku merasakan tidak seperti dulu dikala kami masih bersama. Aku sangat merasakan indahnya ukhuwah yang terjalin di atas aqidah dan manhaj yang sama. Ukhuwah yang tak akan pernah putus sampai akhir zaman. Aku berharap kami semua dapat tetap saling istiqomah dan mempererat ukhuwah walau apapun yang menghadang..

kiat semakin lancar berbahasa jepang!!

日本語はいかがですか?

Sudah lama tinggal di jepang tapi ngomong bhs jepang masih belepotan,sudah menghabiskan ratusan anime,dorama,dan movie jepang..namun ga ada kemajuan dlm berbicara bhs jepang?

“aku ngerti yg dia omongin tapi kenapa aku ga bisa ngomong seperti dia yahh..??”

Sampai-sampai anda merasa sangat ga pede ketika ngomong dngn orang jepang di saat teman dekat anda yg lebih mampu berbahasa jepang ada di samping anda..

…duuh sinipun sampai merasa tengsin(malu),ketika punya temen yg sudah lama tinggal di jepang tapi ngomong masih berantakan,bhs yg sopan ato enggak main hantam aja^^..kadang sinipun merasa tersinggung saat berbicara dngn teman memakai bhs jepang namun ternyata dia tidak bisa memilih bhs yg lebih sopan,..(karena emng ga keluar di kepala,ato emng karena ga tw klo itu bhs yg kasar..),..

Mampu berbicara bhs jepang dngn lancar bukan bawaan DNA,bukan juga karena didasarin pada bakat buat pinter bhs asing dan sebagainya…anda yg masih kewalahan dalam berbicara bhs jpng,sadar atau tidak ternyata memang anda tidak efektif dlm mempelajarinya,anda kurang berlatih!!..atau memang karena anda adalah seorang “pemalas”..yg pada akhirnya menyalahkan faktor bakat,bawaan lahir,dan berbagai alasan yg lain.

Kalo anda masih malu,dan terus-terusan ga percaya diri,itu akan menekan peningkatan kemampuan berbicara anda kearah yg terbalik..semakin lama tinggal di jepang,tapi kemampuan berbicaranya tidak ada perubahan..sayang sekali khan?

Saya tersadar utk giat menjalani kiat-kiat ini kurang lebih setengah tahun sebelum sekolah bahasa jepang berakhir..

Saat itu saya berada di lingkungan temen2 yg pemalu(malu ga pada tempatnya..),mereka beranggapan bahwa saling berbicara bhs jepang sesama teman adalah suatu bentuk kesombongan..wah padahal kan ga seperti itu..

Akhirnya saya mencoba utk menempuh jalan lain utk bisa lancar berbahasa jepang,

Baiklah,saya akan sedikit berbagi mengenai gimana caranya anda bisa menjadi lebih PeDe ketika berbicara bhs jepang di tengah temen2 anda..

selanjutnya saya akan buat perpoin yah..

  • Yang pertama,tentunya anda harus mempelajari bahasa jepang itu sendiri,baik itu pola kalimatnya,istilah-istilahnya,penulisannya..dan lain-lain.Apa yg anda dapatkan di sekolah-sekolah bahasa jepang itu juga sudah cukup kok..tinggal individu masing2,mau belajar apa tidak..?
  • Manfaatkan televisi dan radio yg menyiarkan acara dlm bhs jepang.Anda bisa pilih dari program acara yg mudah dicerna.Kemudian anda dengarkan baik-baik..nah tentunya anda akan menemukan kata-kata yg menarik yg anda mengerti dlm acara tersebut,(atau anda juga bisa merekamnya),terus apakah yg bisa anda lakukan,hafalah kalimat-kalimat yg menarik bagi anda,klo memungkinkan anda jg bisa menulisnya dlm selembar kertas.Kalimatnya tidak harus banyak,bahkan satu kalimatpun tidak mengapa…,kemudian pakailah kalimat-kalimat itu sesering mungkin,pada awalnya anda jg bisa mencampurnya dngn bhs indonesia,yg penting anda harus berusaha memunculkan kalimat2 yg anda hafal tersebut.Anda harus melakukan hal ini karena ternyata dlm penguasaan bhs asing mengahafal saja tidak cukup,namun anda juga harus membiasakan dlm bentuk verbal,yg terucap sehingga kalimat-kalimat itu menjadi biasa kita ucapkan dan tentunya akan dengan sendirinya muncul ketika kita membutuhkan kalimat tsb ataupun yg semakna dngnnya..
  • Mungkin anda masih bingung mencari tempat mengaplikasikan kiat yg pertama tadi.Saya juga seperti itu awalnya..Utk mengatasi ini,anda bisa mengambil cermin yg besar maupun yg kecil,nah sudah tau kan?yap…berbicaralah di depan cermin!!dia tidak akan menertawakanmu kalo kamu salah^^,kalo bisa anda harus berbicara dengan suara yg besar,kalaupun tidak,minimal anda berbicara tidak di dalam hati..hehe..atau barangkali di kamar mandinya ada cermin,ambillah barang 5 atau 10 mnt waktu anda sebelum mandi utk mengulang kalimat-kalimat yg sudah anda hafal,..Kalau kalimat yg anda hafal masih terlalu sedikit cobalah anda buat semacam cerita bebas,yg anda ceritakan secara spontan dengan menggunakan kata-kata yg anda ketahui.Contohnya saja,anda bisa menceritakan kegiatan anda hari ini,atau bisa juga ttg perasaan kepada kekasih hati..dan sebagainya..
  • Tentu adakalanya kita juga ada kesempatan utk membaca tulisan-tulisan dalam bahasa jepang,bisa di blog teman,di koran,majalah ataupun buku-buku pelajaran..bacalah tulisan2 itu dengan suara yg keras!!Cobalah ulangi kalimat-kalimat yg sekiranya penting utk anda gunakan dalam percakapan sehari-hari..(tentunya anda lakukan kiat yg ini ketika sendiri atau yg penting tidak mengganggu orang lain ya^^)..
  • Kiat-kiat ini tidak hanya melatih kebiasaan dalam menggunakan bhs jepang,namun juga melatih anda utk dapat mengucapkan dengan intonasi yg benar…tirulah gaya berbicara orang jepang,ikutlah intonasinya dan ucapkanlah berulang-ulang.
  • Setelah melakukan bbrp kiat di atas tentunya kepercayaan diri anda berbahasa bhs jepang akan meningkat,..setelah anda merasa cukup bisa merangkai kata-kata dan juga terbiasa utk menggunakannya,cobalah anda pakai kemampuan yg sudah anda miliki utk berbincang-bincang dengan orang jepang,anda tidak perlu malu..toh anda orang asing,wajar kalo kesulitan berbahasa jpng(jurus terakhir^^).Jika berbicara dngn orang jepang,biasanya mereka tidak segan utk memperbaiki kesalahan bahasa kita,atau mungkin dari awal anda sampaikan”klo salah tolong segera koreksi bhs jepang saya yah..!!”

Demikian bbrp kiat yg bisa anda jadikan alternatif utk bisa berbicara bahasa jepang dengan lancar..

Bahkan hingga saat ini sayapun masih memakainya…..

Saya menyampaikan bukan bermaksud utk menggurui dan juga bukan utk sombong2an,tapi hanya sekedar ingin berbagi pengalaman,Mudah-mudahan bisa bermanfaat yah!!

gagat sukmono