SAKURA Japanese Learning Center, Bekasi dan Karawang

Home » Posts tagged 'tips'

Tag Archives: tips

Advertisements

21 Best Tips to make Best Presentation


o5.com
1. Membuat alur materi dengan baik ( background-isi-kesimpulan).
2. Membuat slide/tampilan materi dengan rapi.
3. Tidak memasukkan banyak tulisan.
4. Memperjelas poin-poin penting yang akan disampaikan (garis tebal, pewarnaan,dll).
5. Urutan yang jelas (memberi nomor, dll).
6. Meletakan posisi materi di slide secara balance.
7. Kombinasi warna yang tepat.
8. Hindari pewarnaan yang terlalu menyakitkan mata.
9. Mudah dibaca, dengan menggunakan font yang sesuai isi materi.
10. Memasukkan animasi/animasi pergerakan atau pergantian slide yang tepat.
11. Tidak menggunakan animasi berlebihan.
12. Menggunakan animasi yang halus.
13. Menyampaikan dengan suara yang dapat terdengar jelas oleh pendengar.
14. Memberikan penekanan-penekanan intonasi pada poin-poin penting.
15. Tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat.
16. Menunjuk dengan pointer atau stik dengan tepat pada bagian yang kita sampaikan.
17. Menghadap audiens.
18. Posisi berdiri yang tepat, tidak menutupi layar atau tidak terlalu jauh.
19. Hindari penjelasan yang bertele-tele, hemat kata tepat sasaran.
20. Menjelaskan sesuai urutan dan dengan bahasa yang disesuaikan terhadap audiens.
21. Simulasikan dengan baik apa yang akan anda sampaikan dan berlatihlah.

Dan jangan lupa berdo’aJ

Gagat sukmono

Advertisements

2 Cara meningkatkan kemampuan berbahasa jepang

Ini cara yang begitu simpel,pernah saya tulis juga sebelumnya,namun yang mengejutkan,ternyata cara yang pernah saya lakukan itu mendapat pengakuan dari para ahli sebagai cara peningkatan daya ingat yang luar biasa didasarkan pada penelitian ahli otak.Mendapat pengakuan,maksudnya bukan mereka langsung mengakui apa yang saya lakukan..hehe..namun cara-cara tersebut sudah dipublikasikan di berbagai buku sebagai penemuan baru keilmuan modern,nah kebetulan klop dengan yang pernah saya lakukan..

Sudah penasaran?Langsung aja..

Yang pertama adalah “ondoku”.Maksudnya membaca dengan mengeluarkan suara.

Yang kedua adalah “kagami to hanasu”.Maksudnya berbicara dengan cermin.

Sebenarnya yang kedua itu tips tambahan dari saya..hehehe..kali aja bentar lagi para ahli menyetujuinya,karena memang efeknya sangat luar biasa untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi bahasa jepang termasuk juga dalam pengejaannya.

Pada dasarnya kedua cara ini bukan hanya untuk peningkatan bahasa jepang,namun juga berlaku untuk berkomunikasi secara umum,konon kata sesepuh pakar,cara pertama tadi juga efektif untuk meningkatkan kemampuan menghafal.

Bagaimana sebenarnya kedua cara itu bekerja dan efeknya terhadap otak?

Mari kita coba dulu:D

“Jangan masuk!”atau”tetaplah di luar!”?

Saya heran,semakin saya wanti-wanti kok malah semakin banyak yang rusak.

Itu terjadi ketika saya mengajar praktikum kepada mahasiswa tingkat 3 di kampus.

aa..yachatta sumimasen..(aduhh..maaf saya salah),itu kali kedua saya mendengar kalimat senada dari anak mahasiswa tkt 3 pada hari itu.Wah..lagi-lagi larutan kimia itu masuk ke bulb(penghisap) karena salah pencet,yang harusnya dipencet tombol yang buat ngeluarin eh malah terpencet yang untuk menghisap.Walhasil..praktikum hari itu berhasil merusakan dua buah bulb yang masing-masing berharga sepuluh ribu yen atau sekitar 850rb rupiah.Padahal dari awal saya sangat mewanti-wanti agar tidak salah pencet,karena minggu sebelumnya sudah rusak satu buah bulb oleh kelompok yg lain.

Sekedar informasi,jika bulb(alat penghisap) sudah kemasukan air maupun larutan kimia yg lain otomatis tidak bisa dipakai lagi untuk praktikum,karena presensinya(keakuratannya) juga menjadi tidak tepat,dan kemudian bulb yang sudah bercampur dengan suatu larutan kimia apabila digunakan untuk mengambil larutan yang lain maka akan berbahaya jika bercampur dengan larutan yg masuk ke dalam bulb,atau paling tidak praktikumpun menjadi sangat tidak akurat.

Balik ke topik,

kureguremo oshimachigawanai you ni(Pokoknya harus diinget agar jangan salah pencet ya!!)

Sudah berkali-kali saya tekankan hal itu ketika menjelaskan tentang cara memakai bulb maupun hole pipete kepada peserta praktikum.Namun hasilnya malah tambah parah dari minggu sebelumnya.Padahal saya lihat anak-anak sudah sebegitu hati-hatinya menggunakan bulb tersebut.Ntah kenapa,seakan-akan justru ada energi negatif karena saking dilarangnya salah pencet.Beda dengan minggu sebelumnya,hanya sekali saya mengingatkan mereka,tapi justru sedikit kesalahan yg mereka lakukan.hmm..fushigi da na(aneh yaa..).

Berselang berapa lama,keanehan yang saya rasakan itu sedikit mendapat pencerahan itu ketika suatu hari saya sedang mampir di toko buku.

hikiyouse no housoku alias the law of attraction,itulah judul dari buku yang sedikit memberi pencerahan pada saya.(The law of attraction ini intinya juga sama dengan yang dalam buku The secretnya Rhonda byrne)baca juga The secret pada postingan sebelumnya.

Walaupun tidak sempat saya baca seluruhnya,tapi di awal-awal tulisan buku itu,ada isi yang begitu menarik perhatian saya,

Dalam The law of attraction,dijelaskan bahwa kita akan mendapatkan apa yng kita inginkan.Pikiran yang positif maka akan membawa energi yang positif dan kemudian ibarat sebuah magnet,pikiran kita akan menarik faktor-faktor yang akan membantu mewujudkan apa yang kita inginkan tersebut secara alami.

Bertolak dari prinsip the law of attraction itu,si penulis menjelaskan bahwa untuk mendapatkan apa yang kita inginkan maka ucapkanlah yang positif dan searah dengan keinginan tersebut bukan sebaliknya..

Misalnya saja ketika kita menginginkan orang lain tidak masuk ke dalam kamar kita,maka sebaiknya tidak mengatakan”jangan masuk!!” namun yang lebih tepatnya adalah “tetaplah di luar”.

Contoh lainnya,

“jangan berisik” diganti dengan “Tenanglah sedikit”

“jangan duduk”diganti dengan “berdirilah”

dan seterusnya.Pada intinya,dalam melarang sesuatu sebaiknya mengganti kata-kata “jangan” atau “tidak”maupun kata pelarangan yang lain,dengan kata-kata perintah yang sifatnya positif atau yang sifatnya menganjurkan untuk melakukannya.

Kira-kira seperti itulah yang dijelaskan di awal buku itu.

Rasanya hal itu pas sekali dengan ungkapan banyak orang yang mengatakan”semakin dilarang malah jadi semakin penasaran untuk melanggar”.Kalau dipikir-pikir ada benarnya juga penjelasan di atas,semakin dilarang malah energi untuk melanggar menjadi semakin besar.

Saya juga kembali teringat sebuah acara di televisi yg sudah disiarkan beberapa bulan yang lalu.

Seorang anak kecil sedang menyeberang jalan raya,tiba-tiba datang sebuah mobil dengan kecepatan tinggi hendak melintas.Pertanyaannya,apakah yang sebaiknya diteriakkan oleh ibu si anak yang berada di tepi jalan kepada anaknya tersebut agar terhindar dari mobil yang melaju kencang?

Jawabannya bukan “awaaas..!”

tapi yang harusnya diucapkan adalah”lariii…!!”

Karena ketika diteriakkan kata “awaaas!!”justru membuat si anak akan menjadi penasaran dan kemudian mencari sumber bahaya,dan di saat beberapa detik kelengahan itulah akhirnya mobil menabrak si anak.

Berbeda dengan teriakan kata “lariii!!”.

Si anak otomatis akan segera berlari begitu mendengar teriakan yang keras dan penuh nada bahaya.

Dari situ kita juga bisa membandingkan,kata “awas”adalah suatu bentuk kata seru yang negatif.Sedangkan “larii” adalah kata perintah positif.

Dari beberapa kejadian di atas saya mengambil kesimpulan sementara yaitu untuk mendapatkan apa yang kita inginkan,kita harus menggunakan kalimat dalam bentuk positif dan yang searah dengan apa yang kita inginkan.

Sangat masuk akal dan menarik untuk dicoba.Saya tahu belakangan ternyata dalam mendidik anakpun sangat dianjurkan menggunakan cara-cara di atas.

試行錯誤–>Trial and error

Ketika menghadapi hal baru ataupun ketika dihadapi sebuah permasalahan namun ternyata belum ada jalan keluar yang pasti untuk menyelesaikannya,cobalah lakukan sesuatu!!jangan takut untuk gagal,bila perlu lakukanlah kegagalan berulang-ulang!karena sebenarnya kesuksesan itu terselip di antara tumpukan kegagalan yang sudah anda jadikan pelajaran.

Cara seperti ini atau yang lebih terkenal dengan “metode trial and error” benar-benar sudah dilakukan oleh orang-orang yang suksess…toriaezu yaru!!(yang penting action dulu)..

Saya merasa sangat beruntung bisa tahu dan paham metode ini di kala saya masih muda,karena berarti saya masih punya banyak waktu untuk mencoba dan gagal,kemudian mencoba lagi,gagal lagi..sampai akhirnya saya bisa menemukan kesuksesan yang sesungguhnya.

Bagi saya,menunda untuk mencoba sama halnya menunda untuk sukses.

10 Tips Untuk Membuat Pendengar Tidur

DI masa sering-seringnya presentasi bagi mahasiswa,ga salah kalo kamu juga tau ttg tips ini..
Tipsnya Barbara White,Beyond Better

Dan di copy paste oleh Gagat..

Pernahkah Anda tertidur saat mendengarkan sebuah pidato atau presentasi? Kadang-kadang, tertidur beberapa menit dalam suatu sesi pembicaraan dapat mendongkrak energi Anda untuk sisa hari itu. Para pembicara, jika Anda ingin menjadi orang yang bermurah hati dengan memberi kesempatan ini kepada audience, perhatikan tips-tips ini dengan seksama.

1. Yakinkan bahwa materi Anda kering dan membosankan. Jadikan materi Anda sangat-sangat-sangat teknis, kompleks atau ruwet. Jika memungkinkan, isilah sesi Anda dengan pembicaraan akademik yang sangat terspesialisasi, yang membuatnya tidak mudah dimengerti tanpa pemahaman, pendidikan dan riset terlebih dahulu.

2. Jangan masukkan penjelasan atau ilustrasi apapun yang membuat materi Anda mudah dipahami oleh rata-rata orang yang menjadi audience.

3. Jadwalkan sesi bicara Anda di akhir suatu hari yang berat atau panjang, atau mulailah setelah makan siang. Ini akan menambah daya kantuk dan daya lesu materi Anda.

4. Bicaralah dengan sangat pelan dan hindari segala bentuk ekspresi atau variasi vokal yang dapat membelokkan perhatian atau mengganggu “perjalanan” audience. Ingat bahwa tujuan Anda adalah mengantar mereka ke alam mimpi dengan mulus.

5. Berdirilah dengan kaku di belakang podium sepanjang pembicaraan Anda. Jika tidak ada podium, duduklah dibelakang meja selama sesi Anda. Setiap gerakan yang Anda lakukan, atau jika Anda melakukan gerakan yang mendadak, dapat membangunkan mereka.

6. Hindari variasi dalam gaya presentasi. Jangan berpindah dari bicara kemudian menggunakan flip chart, Powerpoint atau bantuan visual apapun yang dapat menarik perhatian.

7.Jangan pernah memasukkan unsur humor atau cerita dalam pembicaraan Anda, yang mungkin akan mengilustrasikan berbagai poin penting.

8. Jangan berkutat hanya pada satu topik. Habiskan sebagian besar waktu dengan berputar-putar tentang berbagai subyek atau pengalaman pribadi yang sangat membosankan, dan tentu saja secara total harus OOT.

9. Bicaralah tentang suatu topik yang sudah sangat dikenal oleh audience. Jagalah agar isi bicara Anda tetap berfokus pada berbagai hal yang mereka memang sudah tahu sebelumnya.

10. Berikan kepada mereka handout yang super detil, sehingga audience tidak akan tertinggal oleh satu informasipun sepanjang tidur mereka. Yakinkan bahwa Anda tidak mengatakan sesuatu yang tidak tercantum dalam handout tersebut. Untuk hasil terbaik, baca saja handout itu kata per kata.

Saya berharap, dengan mengikuti tips di atas Anda akan mendapatkan kepuasan melihat seluruh audience Anda tertidur dan mengorok dengan tenang dan berbahagia sepanjang sesi Anda. Jika Anda tidak mengikuti tips di atas, Anda mungkin akan merasakan bahwa audience Anda ternyata lebih waspada dan tertarik dengan apa-apa yang Anda katakan.

Sekian,smoga bermanfaat.

kiat semakin lancar berbahasa jepang!!

日本語はいかがですか?

Sudah lama tinggal di jepang tapi ngomong bhs jepang masih belepotan,sudah menghabiskan ratusan anime,dorama,dan movie jepang..namun ga ada kemajuan dlm berbicara bhs jepang?

“aku ngerti yg dia omongin tapi kenapa aku ga bisa ngomong seperti dia yahh..??”

Sampai-sampai anda merasa sangat ga pede ketika ngomong dngn orang jepang di saat teman dekat anda yg lebih mampu berbahasa jepang ada di samping anda..

…duuh sinipun sampai merasa tengsin(malu),ketika punya temen yg sudah lama tinggal di jepang tapi ngomong masih berantakan,bhs yg sopan ato enggak main hantam aja^^..kadang sinipun merasa tersinggung saat berbicara dngn teman memakai bhs jepang namun ternyata dia tidak bisa memilih bhs yg lebih sopan,..(karena emng ga keluar di kepala,ato emng karena ga tw klo itu bhs yg kasar..),..

Mampu berbicara bhs jepang dngn lancar bukan bawaan DNA,bukan juga karena didasarin pada bakat buat pinter bhs asing dan sebagainya…anda yg masih kewalahan dalam berbicara bhs jpng,sadar atau tidak ternyata memang anda tidak efektif dlm mempelajarinya,anda kurang berlatih!!..atau memang karena anda adalah seorang “pemalas”..yg pada akhirnya menyalahkan faktor bakat,bawaan lahir,dan berbagai alasan yg lain.

Kalo anda masih malu,dan terus-terusan ga percaya diri,itu akan menekan peningkatan kemampuan berbicara anda kearah yg terbalik..semakin lama tinggal di jepang,tapi kemampuan berbicaranya tidak ada perubahan..sayang sekali khan?

Saya tersadar utk giat menjalani kiat-kiat ini kurang lebih setengah tahun sebelum sekolah bahasa jepang berakhir..

Saat itu saya berada di lingkungan temen2 yg pemalu(malu ga pada tempatnya..),mereka beranggapan bahwa saling berbicara bhs jepang sesama teman adalah suatu bentuk kesombongan..wah padahal kan ga seperti itu..

Akhirnya saya mencoba utk menempuh jalan lain utk bisa lancar berbahasa jepang,

Baiklah,saya akan sedikit berbagi mengenai gimana caranya anda bisa menjadi lebih PeDe ketika berbicara bhs jepang di tengah temen2 anda..

selanjutnya saya akan buat perpoin yah..

  • Yang pertama,tentunya anda harus mempelajari bahasa jepang itu sendiri,baik itu pola kalimatnya,istilah-istilahnya,penulisannya..dan lain-lain.Apa yg anda dapatkan di sekolah-sekolah bahasa jepang itu juga sudah cukup kok..tinggal individu masing2,mau belajar apa tidak..?
  • Manfaatkan televisi dan radio yg menyiarkan acara dlm bhs jepang.Anda bisa pilih dari program acara yg mudah dicerna.Kemudian anda dengarkan baik-baik..nah tentunya anda akan menemukan kata-kata yg menarik yg anda mengerti dlm acara tersebut,(atau anda juga bisa merekamnya),terus apakah yg bisa anda lakukan,hafalah kalimat-kalimat yg menarik bagi anda,klo memungkinkan anda jg bisa menulisnya dlm selembar kertas.Kalimatnya tidak harus banyak,bahkan satu kalimatpun tidak mengapa…,kemudian pakailah kalimat-kalimat itu sesering mungkin,pada awalnya anda jg bisa mencampurnya dngn bhs indonesia,yg penting anda harus berusaha memunculkan kalimat2 yg anda hafal tersebut.Anda harus melakukan hal ini karena ternyata dlm penguasaan bhs asing mengahafal saja tidak cukup,namun anda juga harus membiasakan dlm bentuk verbal,yg terucap sehingga kalimat-kalimat itu menjadi biasa kita ucapkan dan tentunya akan dengan sendirinya muncul ketika kita membutuhkan kalimat tsb ataupun yg semakna dngnnya..
  • Mungkin anda masih bingung mencari tempat mengaplikasikan kiat yg pertama tadi.Saya juga seperti itu awalnya..Utk mengatasi ini,anda bisa mengambil cermin yg besar maupun yg kecil,nah sudah tau kan?yap…berbicaralah di depan cermin!!dia tidak akan menertawakanmu kalo kamu salah^^,kalo bisa anda harus berbicara dengan suara yg besar,kalaupun tidak,minimal anda berbicara tidak di dalam hati..hehe..atau barangkali di kamar mandinya ada cermin,ambillah barang 5 atau 10 mnt waktu anda sebelum mandi utk mengulang kalimat-kalimat yg sudah anda hafal,..Kalau kalimat yg anda hafal masih terlalu sedikit cobalah anda buat semacam cerita bebas,yg anda ceritakan secara spontan dengan menggunakan kata-kata yg anda ketahui.Contohnya saja,anda bisa menceritakan kegiatan anda hari ini,atau bisa juga ttg perasaan kepada kekasih hati..dan sebagainya..
  • Tentu adakalanya kita juga ada kesempatan utk membaca tulisan-tulisan dalam bahasa jepang,bisa di blog teman,di koran,majalah ataupun buku-buku pelajaran..bacalah tulisan2 itu dengan suara yg keras!!Cobalah ulangi kalimat-kalimat yg sekiranya penting utk anda gunakan dalam percakapan sehari-hari..(tentunya anda lakukan kiat yg ini ketika sendiri atau yg penting tidak mengganggu orang lain ya^^)..
  • Kiat-kiat ini tidak hanya melatih kebiasaan dalam menggunakan bhs jepang,namun juga melatih anda utk dapat mengucapkan dengan intonasi yg benar…tirulah gaya berbicara orang jepang,ikutlah intonasinya dan ucapkanlah berulang-ulang.
  • Setelah melakukan bbrp kiat di atas tentunya kepercayaan diri anda berbahasa bhs jepang akan meningkat,..setelah anda merasa cukup bisa merangkai kata-kata dan juga terbiasa utk menggunakannya,cobalah anda pakai kemampuan yg sudah anda miliki utk berbincang-bincang dengan orang jepang,anda tidak perlu malu..toh anda orang asing,wajar kalo kesulitan berbahasa jpng(jurus terakhir^^).Jika berbicara dngn orang jepang,biasanya mereka tidak segan utk memperbaiki kesalahan bahasa kita,atau mungkin dari awal anda sampaikan”klo salah tolong segera koreksi bhs jepang saya yah..!!”

Demikian bbrp kiat yg bisa anda jadikan alternatif utk bisa berbicara bahasa jepang dengan lancar..

Bahkan hingga saat ini sayapun masih memakainya…..

Saya menyampaikan bukan bermaksud utk menggurui dan juga bukan utk sombong2an,tapi hanya sekedar ingin berbagi pengalaman,Mudah-mudahan bisa bermanfaat yah!!

gagat sukmono