SAKURA Japanese Learning Center, Bekasi dan Karawang

Home » 2008 » May » 01

Daily Archives: May 1, 2008

Menghela gelombang dengan menulis

Terkadang saya harus lebih jeli mengecek buku catatan saya sebelum dipinjamkan ke teman.Karena ternyata hampir seluruh buku catatan saya menginggalkan jejak kehampaan,kegembiraan,kebingungan,kegelisahan maupun keisengan yang terkode dalam penggalan-penggalan tulisan pendek.Secara tak sengaja pernah terbaca jejak penggalan kebingungan itu oleh beberapa teman.Jadi malu saya dibuatnya.he..he..

Setelah menelusuri sebab tertulisnya penggalan-penggalan kisah itu membuat saya jadi paham,ternyata adakalanya manusia memang tidak lagi mampu menghela gelombang pikiran yang terus mendera di dalam kepala.Gelombang itu harus dilepas bebaskan untuk sedikit mengurangi beban-beban pikiran yang mungkin terlalu menumpuk.Tak heran kalau kaum hawa yang terkenal dengan kekayaan emosinya banyak yang menggandrungi semacam diary untuk sekedar berbagi.Walaupun isinya kadang hanya curhat-curhatan yang terlalu melankolis untuk didramakan..he..he.Begitu juga dengan saya.Menulis,itulah cara yang saya ambil untuk melepaskan gelombang yang ada di kepala.Terlepas dari”Aku ini siapa sih kok udah berani-beraninya nulis?”atau kalau dijabarkan lagi”apa iya hasil dari pengalaman yang masih seret ini layak ditulis?”atau”apa ada ya yang mau baca tulisan saya?” atau berbagai pertanyaan lain yang selalu menarik-narik untuk mengurungkan niat menulis,kali ini saya berusaha untuk tidak menghiraukannya.

Sejatinya,menulis memang benar-benar sebuah bentuk pengembangan diri yang efektif dan efisien.Dalam penjabaran yang lebih luas lagi,menulis adalah suatu bentuk transfer ilmu.Dengan menulis kita belajar untuk meneraturkan informasi yang kita dapatkan sehingga kita bisa menyampaikan informasi kepada orang lain dengan baik.Dengan menulis kita juga meneraturkan gelombang pikiran berupa ide-ide maupun pemikiran kreatif yang tentunya akan bermanfaat untuk kita maupun orang lain.Dengan menulis yang baik kita juga dapat menyampaikan pesan dengan baik,dan masih banyak kegunaan lain dari menulis.

Menulis dikatakan sebagai bentuk pembelajaran.Karena memang bagi seorang penulis informasi sangat dibutuhkan,sehingga mau tidak mau seorang penulis harus rajin mendapatkan informasi guna mencari bahan yang akan dituliskannya.Secara otomatis seorang penulis akan menjadi seorang yang pembelajar.

Secara pribadi,menulis bagi saya adalah penyampaian sesuatu dalam bentuk yang nyata,real dan tidak mengada-ngada.Penyampaian suatu hal yang benar dan bermanfaat yang diramu sedemikian rupa sehingga tersaji sebagai bacaan yang menarik.

Yuk menulis!!

Gagat sukmono,founder TEM,owner1 toko shafiyya.