SAKURA Japanese Learning Center, Bekasi dan Karawang

Home » analisis » Ini dia yang dimiliki mahasiswa jepang tapi tidak kita miliki..

Ini dia yang dimiliki mahasiswa jepang tapi tidak kita miliki..

SAKURA JLC KAYURINGIN

081371460092
Senin-Kamis 08:00-18:30
Sabtu-Minggu 08:00-17:00

Almanak

March 2009
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Categories

09bushido“Kalau ada yang bilang mahasiswa indonesia itu lebih cerdas daripada mahasiswa jepang itu memang bukan omong kosong,kalau ada juga yang bilang mahasiswa indonesia itu lebih bodoh,itu juga bukan omong kosoong..:D”

Hidup 5 tahun di jepang sbg mahasiswa,cukup bagi saya untuk menggambarkan secara umum bagaimana kebiasaan dan pola mahasiswa jepang dalam menuntut ilmu atau kebiasaan yg lain secara umum,yang nantinya mempunyai peranan penting dalam memajukan negara mereka..

Okey,kita ambil sample secara khusus.

Kali ini di tempat saya belajar,Undergraduate Fakultas teknik Universitas Shinshu,Nagano perf.Japan..

Penilaian ini secara umum,untuk kategori rata2 menengah keatas dan mungkin hanya bersifat subjektif,tapi sangat lebih dari cukup untuk dijadikan gambaran..

Keunggulan mahasiswa Indonesia

Jangan berkecil hati,mahasiswa indonesia di Jepang juga tidak kalah. Sebagai prestasi,pada tahun pertama mahasiswa indonesia terpilih menjadi peringkat pertama dan kedua di jurusan Environmental science and technology.Setelah itu tetap bersaing dijajaran atas nilai administratif.Begitu juga di jurusan2 yg lain,mahasiswa indonesia mampu meraih nilai yg memuaskan.

Di tahun terakhir,saya terpilih menjadi presentator terbaik dalam sidang tugas akhir mengalahkan mahasiswa2 jepang.

Keunggulan mahasiswa jepang

Mereka menguasai bidang secara khusus.Misalnya seorang mahasiswa tertarik di bidang fisika maka dia terpusat hanya pada fisika,khususnya penelitian yg ingin dipelajarinya.Mereka tidak tertarik pada bidang2 yg sama sekali tidak ada hubungannya dengan fisika.

Mereka terbiasa menguatkan pondasi.

Dasar-dasar ilmu diutamakan sebelum beranjak ke tahap penerapan.

Mereka memiliki pola pikir “kaizen” yg bagus.Kaizen itu bisa disebut sebagai evaluasi,perbaikan.Khususnya dalam penelitian.Terus dituntut untuk menghasilkan yg lebih dan lebih baik lagi.

Kesimpulan

Kita coba simpulkan lagi apa yang dimiliki mahasiswa jepang tapi mahasiswa Indonesia tidak memilikinya.

1.Fokus dan konsentrasi yg bagus

Mahasiswa jepang dengan level menengah keatas mempunyai kemampuan fokus dan konsentrasi yg bagus.Mereka tidak rakus ingin bisa semua bidang,tapi mereka fokus untuk menguasai satu bidang secara maksimal,dari A sampai Z,dari Alif sampai Ya.

2.Nintairyoku(kesabaran)

Mereka mampu 12 jam lebih di Lab mengerjakan penelitian dengan efisiensi yg tetap bagus.Kegagalan tidak membuat mereka jatuh berlama2,tapi mereka segera mengulanginya hingga berhasil.

3.Teratur dan Ontime

Mereka terbiasa memanage waktu dengan baik,scheduling yg bagus dan konsistensi yg bagus pula dalam menaatinya.

4.Kerjakeras

Yang ini bahkan sudah jadi kebiasaan semua lapisan masyarakat jepang.Kerja keras mereka masih sangat jauh di atas kita,masy.Indonesia.

5.Punya tujuan

Yang ini dimiliki hampir semua mahasiswa jepang.Bagi mereka yg tujuannya jadi seorang peneliti maka kesehariannya selalu diisi dengan belajar dan belajar.Bagi mereka yg ingin menjadi pemain bola,sudah pasti dia akan terus mengolah skill bolanya secara maksimal,walaupun nilai belajarnya hanya pas-pas an.

6.Mereka nggak ribut soal politik

Walaupun politik dan ekonomi jepang saat ini sedang ketar ketir,mahasiswa jepang hampir tidak pernah meributkannya.Beda jauh dengan mahasiswa indonesia dimanapun berada.

Well,sekian dulu..mudah-mudahan bisa menjadi masukan yg berarti.

salam,..

Gagat sukmono

image:www.kuu-astrographic.jp


24 Comments

  1. palembang says:

    hello.. salam kenal ya..
    aku indra..
    ku berasal dari palembang..
    aku senang banget membaca blog kamu..
    moga kita bisa menjadi teman ya

  2. missel says:

    hmmmm………..

  3. Empan says:

    ass. bagus2 mas artikelnya dan apa yang ditulis menunjukkan kejeniusan anda, moga2 semakin diberkahi ALLAH SWT. Keep writing! Salam dari shizuoka. Jazakallahu

  4. gun says:

    wah bagus bih beritanya… ngomong2 kasih artikel buat blajar basa jepang dong.. hehe ane punya cita2 pingin belajar kesono juga 2 taon lagi.. Amin

  5. santi satriani says:

    assalam.. hajimemashite,santi des. senang sekali bisa membaca artikel tersebut. saya sebagai mahasiswa sastra jepang di UNHAS merasa memiliki motifasi baru dalam menjalani study saya. saya sangat berterima kasih. saya harap kita bisa saling sharing…

  6. chopi3 says:

    huhu…menginspirasi…
    gud…gud…gud…=)

  7. retia says:

    hai, salam kenal…senang bisa membaca tulisan kamu..
    masih ada cerita lain tentang mahasiswa jepang?
    mau dunks diskusi tentang budaya ilmu mereka…
    dan doakan saya menyusul secepatnya ke jepang ^^ amieeennn

  8. Edwin Rheza says:

    apik tenan

  9. srex says:

    emang itulah faktany,mahasiswa qt lebih suka demo politik..huft

  10. hesty says:

    aq mahasiswa bhsa jpang dr lampung.
    makasihh ia tulisan anda menjd referensi bagi saya dan mmbantu saya dlam tugas penelitian saya ttg mahasiswa jepang dan indonesia.
    🙂
    sukses slalu

  11. Kharda says:

    Hai, salam kenal.
    Sepertinya cara mereka belajar sangat baik dan efisien, terbukti mereka bisa menjadi negeara maju secara teknologi dan ekonomi. Patut ditiru.

  12. roy says:

    seneng sekali membacanya,, saya jadi tepacu untuk lebih dari mereka
    saya merasa hanya 2 negara yang butuh indonesia kalahkan yaitu jepang dan amerikat serikat
    hahhha

  13. Novi Oktaviani says:

    boleh minta alamat e-mailnya, saya berencana melanjutkan kuliah di jepang ^_^ makasih, novi

  14. endo says:

    senang sudah membaca hal-hal tsb,, bersemangatlah n tmukan lagi support2 sperti itu biar generasi kita bisa max. thx n byebye

  15. idjas says:

    hajimemasute,
    watasiwa idjasu desu !
    aku semenjak sma, aku mulai menyukai negara jepang, soalnya di SMA aku ada pelajaran bhs. jepang.
    aku bercita-cita ingin sekolah dijepang.
    tapi gmna ya caranya.
    domo arigatogozaimasu!

  16. ARIYANTO says:

    THANKS CERITANYA…..KALAU BISA TOLONG KANDA KIRIMI CARANYA BISA DAPAT BEASISWA S3 KEJEPANG SY PUNYA MIMPI MAU KULIAH DI JEPANG

  17. novi says:

    wa….h gitu ya? jadi pengen jadi lebih fokus, lebih bekerja keras, lebih sabar dalam belajar ganbatte bismillah

  18. maharani says:

    konbanwa, ka aku mau nanya-nanya tentang kuliah di jepang. cek email ya ka. thanks

  19. ayu says:

    thx ya atas informasinya

  20. makasih untuk artikelnya.

  21. Anonymous says:

    menginspirasi
    thank you

  22. Khokonim says:

    hebat..

    terimakasih untuk berbagi..

Leave a comment